jump to navigation

Sampaikan Masalah pada Atasan March 5, 2010

Posted by forjulian in artikel dunia kerja, artikel kerja, artikel pekerjaan, dunia kerja, hubungan dikantor, hubungan kerja, informasi kerja, Karyawan, kerja dikantor, kerja tim, Lingkungan Kerja, masalah dikantor, masalah kantor, Prestasi Kerja, profesi kerjaan, profesional kerja, sukses dikantor, tips dan trik kerja, tips karyawan, tips kerja, tips kerja dikantor, trik dikantor, trik kerja.
Tags: , , , , , , , , , , , , , ,
add a comment

Mungkin anda pernah punya masalah seputar pekerjaan yang membuat anda pusing tujuh keliling di kantor. Mau menyelesaikan sendiri anda bingung tapi mau ngomong sama bos juga nggak ‘enak body’. Akibatnya anda semakin bete dengan pekerjaan anda.

Padahal, menurut pakar karir jika anda menghadapi masalah pekerjaan, apalagi yang berat, jangan tunda-tunda untuk menyampaikannya pada bos. Semakin lama anda mengungkapkannya, semakin berat pula masalah anda. Kecuali jika anda yakin dapat menyelesaikannya seorang diri. Dengan menyampaikan pada bos, paling tidak ia bisa segera memikirkan solusi bersama. Sehingga anda akan terhindar dari situasi yang lebih buruk. (more…)

Menghadapi Rekan Sok Tahu March 5, 2010

Posted by forjulian in artikel dunia kerja, artikel kerja, artikel pekerjaan, dunia kerja, hubungan kerja, Karyawan, kerja dikantor, kerja tim, menghadapi teman kerja, persaingan dikantor, Prestasi Kerja, profesi kerjaan, profesional kerja, sukses dikantor, sukses kerja, tips dan trik kerja, tips karyawan, tips kerja, tips kerja dikantor, trik dikantor.
Tags: , , , , , , , , , , , ,
add a comment

Berbicara dengan rekan kerja yang wawasannya luas emang asyik. Kita bisa ngobrolin apa aja sekaligus bisa bertanya hal-hal yang nggak kita tahu. Tapi gimana kalo bicara dengan rekan yang sok tahu? Biasanya orang yang sok tahu gemar sekali berbicara. Dalam setiap pembicaraan dengan siapapun ia hampir selalu mendominasi. Dan parahnya banyak juga isi pembicaraannya yang ngelantur alias salah.

Biasanya pendengarnya lama-lama akan merasa gerah dan nggak betah mendengarkan obrolannya. Paling tidak, anda juga akan gemas mendengar obrolannya, sementara anda tahu apa yang diucapkannya bukanlah informasi yang benar. Dan ujung-ujungnya anda mau meralat ucapannya bahwa itu nggak bener. Tapi sebelum anda menyangkal ucapannya, perlu anda ketahui, tak ada satu orang pun di dunia ini yang suka disalahkan. Sekalipun orang itu sadar bahwa dirinya salah. (more…)

Cara Berbusana dan Bidang Kerja March 5, 2010

Posted by forjulian in artikel dunia kerja, artikel kerja, dunia kerja, hubungan dikantor, hubungan kerja, Karyawan, kerja dikantor, Lingkungan Kerja, Marketing, masaah kerja, menghadapi teman kerja, Prestasi Kerja, profesi kerjaan, profesional kerja, sukses dikantor, sukses kerja, tips dan trik kerja, tips kerja, tips kerja dikantor, trik dikantor, trik kerja, Wanita dan Pekerjaan.
Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,
add a comment

“Pake baju apa hari ini ya..?” Mungkin anda pernah bertanya-tanya seperti ini setiap kali membuka lemari pakaian saat ingin berangkat kerja. Kebingungan macam ini memang wajar bagi karyawan di suatu kantor yang tidak memberlakukan seragam. Tapi sebenarnya anda nggak perlu bingung, dalam menentukan busana kerja anda cukup menyesuaikannya dengan jenis dan budaya perusahaan serta pekerjaan anda sehari-hari.

Karena tentu gaya berbusana karyawan bank berbeda dengan karyawan di bidang pers, biro iklan, atau pekerja seni lainnya. Dalam berbusana formil, karyawan karyawati sebuah bank seringkali dijadikan trendsetter. Maklum, mereka memang selalu dituntut tampil rapih, bersih, dan wangi. Terutama karyawan bank yang berada di garis depan seperti customer service atau teller. Karena mereka ini menjadi ujung tombak sebuah bank dalam menawarkan produk dan berhadapan langsung dengan customer.

Memang, jenis dan budaya perusahaan mempengaruhi cara dan gaya berbusana karyawannya. Bagi para pekerja kreatif seperti iklan, pers, misalnya wartawan, fotografer, copy writer, designer grafis, dan para pekerja seni gaya berbusana mereka terkesan lebih casual. Karena dalam bekerja selain mereka memang dituntut untuk lebih kreatif, kadang mereka pun dituntut untuk lebih aktif secara fisik. Jadi harap dimaklumi kalau mereka merasa ‘gerah’ memakai busana formil. (more…)

Menumbuhkan Loyalitas Karyawan September 15, 2009

Posted by forjulian in artikel dunia kerja, informasi kerja, Karyawan, Lingkungan Kerja, Prestasi Kerja, Tindakan Atasan, tips dan trik kerja, tips kerja.
Tags: , , , , , , , , , , , , , ,
add a comment

Karyawan adalah aset terbesar perusahaan. Karena itu, wajar jika banyak bos yang tidak ingin kehilangan karyawannya yang berkualitas. Tetapi kesempatan berkarir yang semakin luas belakangan ini tidak mampu menahan karyawan untuk mengejar karir yang lebih baik. Apalagi jika mereka tidak mendapatkan kepuasan di tempat kerjanya saat ini. Begitu kesempatan baik itu datang, mereka tidak akan menunda-nunda lagi untuk resign dan pindah kerja.

Nah, sebagai bos, jika anda tidak ingin kehilangan karyawan yang potensial anda perlu menerapkan beberapa taktik agar mereka loyal terhadap anda dan perusahaan. Perlu anda catat, gaji besar tidak menjamin loyalitas karyawan. Ada hal lain yang saling terkait yang membuat seseorang memiliki loyalitas tinggi terhadap perusahaan. Coba simak dulu kiatnya:

- Ketahuilah minat dan ketrampilan serta kemampuan masing-masing karyawan. Dengan mengetahui kekuatan dan kelemahan mereka, anda jadi lebih mudah untuk memberi tugas yang sesuai dengan ketrampilan dan minat masing-masing.

(more…)

Hadapi Si Iri Hati di Kantor September 15, 2009

Posted by forjulian in artikel dunia kerja, Karyawan, kerja tim, Lingkungan Kerja, tips dan trik kerja, tips kerja.
Tags: , , , , , , , , , , ,
1 comment so far

Dalam lingkungan kerja, anda tidak bisa menghindari interaksi dengan rekan-rekan di kantor. Anda dituntut untuk pandai bergaul dan menyesuaikan diri. Karena kepiawaian anda dalam berinteraksi plus komunikasi terbukti cukup jitu untuk mendongkrak karir anda. Tapi masalahnya, tidak semua rekan kerja itu menyenangkan loh.

Bahkan berdasarkan pengalaman banyak orang, nyaris di setiap kantor ada saja rekan kerja yang bersikap tidak simpatik dan tidak menyenangkan. Di antara sikap yang tidak simpati adalah sikap sirik alias iri hati. Memang, persaingan yang cukup ketat di lingkungan kerja terkadang menimbulkan benturan-benturan di antara sesama rekan kerja. Keberhasilan seseorang tak jarang dihadapi dengan rasa iri hari dan dengki oleh rekan lainnya.

Sebetulnya sikap iri hati itu adalah hal yang cukup manusiawi. Karena tiap orang tentu ingin sukses juga seperti orang lain di lingkungannya. Tapi pada kenyataannya orang yang iri hati banyak yang melakukan aksi destruktif terhadap orang yang ia anggap pesaingnya. Bahkan seringkali ia menganggap pesaing sebagai musuh. Sehingga ia menumbuhkan sikap sentimen terhadap orang yang menyainginya. Tak jarang ia melakukan tindakan yang berbahaya demi memuaskan rasa iri hatinya. Misalnya memfitnah dan menyebarkan kabar buruk tentang orang yang membuatnya iri hati. Dan setiap bertemu muka ia akan pasang wajah masam. Mengerikan ya…?

(more…)

Belajar Dari Perbedaan September 7, 2009

Posted by forjulian in artikel dunia kerja, Karyawan, kerja tim, Lingkungan Kerja, menghadapi teman kerja, tips dan trik kerja, tips kerja.
Tags: , , , , , , , , ,
add a comment

Setiap manusia memiliki tipe dan karakter yang berbeda. Hal ini menyebabkan perilaku dan kebiasaan setiap individu pun berbeda satu sama lainnya. Dan perbedaan inilah yang kadang memunculkan berbagai masalah dan menimbulkan friksi di tengah kehidupan manusia. Tak terkecuali dalam organisasi perusahaan yang terdiri dari banyak karyawan.

Penelitian dan sejumlah riset menyangkut perilaku pekerja menunjukkan sekitar 75 % populasi di lingkungan kerja sangat berbeda satu sama lain. Dan perbedaan merupakan pemicu utama terjadinya friksi-friksi. Memang, untuk menyatukan perbedaan tersebut bukanlah hal mudah. Tetapi sebenarnya hal tersebut bisa diatasi jika setiap karyawan mengetahui karakter masing-masing. Kalangan psikolog dan manajemen membagi tipe pekerja atau karyawan ke dalam empat tipe dan karakter:

Tipe Analitis

Tipe ini merupakan tipe pekerja yang dikenal sebagai si pemikir. Mereka senantiasa mengutamakan kesempurnaan dalam bekerja. Sehingga mereka kerap disebut juga si perfectionist. Karyawan atau pekerja tipe ini menginginkan segala sesuatu yang dilakukannya benar-benar sempurna. Nggak heran jika hasil kerja mereka termasuk memuaskan. Tapi, kelemahannya mereka sangat bersandar pada regulasi dan birokrasi sehingga terkesan text book.

(more…)

Menghadapi Perbedaan Gender di Kantor September 7, 2009

Posted by forjulian in artikel dunia kerja, Karyawan, kerja tim, Lingkungan Kerja, Prestasi Kerja, tips dan trik kerja, tips kerja.
Tags: , , , , , , , , ,
add a comment

Meski emansipasi wanita sudah berdengung sejak era Kartini, sampai saat ini masih ada saja perbedaan gender atau diskriminasi antara pria dan wanita dalam dunia kerja. Konon, wanita sekalipun mumpuni tetap sulit untuk mendapatkan promosi jabatan, terlebih sampai menempati posisi puncak. Sejumlah kelemahan wanita seperti lebih sensitif, kurang agresif, lebih emosionil, kurang pede, dan kurang berani mengambil resiko di tuding sebagai penyebab mentoknya karir wanita.

Tetapi pada beberapa kasus, ada juga wanita yang karirnya mandeg sementara dia merasa sudah memenuhi syarat untuk menempati posisi yang diinginkan. Seandainya pun bisa maju, tetapi tidak secepat pria. Nah bagi anda para wanita apakah anda merasa karir anda lambat hanya karena perbedaan gender? Jika ya, coba ikuti tips berikut ini:

- Coba deskripsikan semua masalah anda di kantor sesuai proporsi yang sebenarnya. Kemudian evaluasi kembali apakah memang anda telah bekerja maksimal? Dan apakah hasil yang anda peroleh tidak sesuai dengan usaha anda? Apakah anda sudah layak mendapatkan promosi dan penghargaan lebih dari yang anda dapatkan sekarang?

(more…)

Larangan buat Para Manajer September 4, 2009

Posted by forjulian in artikel dunia kerja, kerja tim, Lingkungan Kerja, Perusahaan, Tindakan Atasan, tips kerja.
Tags: , , , , , , , , , , , , , ,
add a comment

Walau tidak banyak yang mengakui, sebenarnya tidak sedikit karyawan yang ingin menjadi bos. Paling tidak mereka mengidamkan minimal bisa duduk di level manajer. Karena dengan posisi tersebut mereka sudah bisa dipanggil dengan kata ‘Bos’. Tapi jangan dikira jadi bos itu selalu enak loh. Selain dituntut untuk memiliki keahlian di atas anak buah, anda pun dituntut mampu mengatur anak buah tanpa terkesan menggurui dan menguasai.

Tentu saja ini bukan hal mudah. Karena anda harus bisa menyamakan dan menyatukan persepsi mereka yang sudah pasti berbeda-beda. Kalau anda nggak tau triknya bisa-bisa mereka tidak menyukai anda, bahkan bisa aja membenci anda. Nah loh! Anda nggak mau kan mengalami nasib demikian..? Nah, agar anda sukses sebagai manajer, ada baiknya anda menyimak sejumlah larangan di bawah ini:

- Jangan menekankan semua anak buah untuk memiliki kemampuan yang sama. Ingat, mereka memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Anda juga tidak bisa memaksa mereka untuk sepintar dan semampu anda. Karena mereka bukanlah perwujudan diri anda. Sebaliknya anda harus menghargai perbedaan tersebut dengan memberi tanggung jawab pada mereka, sesuai kapasitas masing-masing.

(more…)

Menyambut Karyawan Baru September 4, 2009

Posted by forjulian in artikel dunia kerja, Karyawan, Lingkungan Kerja, Perusahaan, Tindakan Atasan, tips kerja.
Tags: , , , , , , , , , ,
add a comment

Kehadiran karyawan baru dalam dunia kerja merupakan hal yang biasa, dalam arti bukan sesuatu yang istimewa. Karena itu kehadirannya kerap dihadapi dengan sikap biasa-biasa pula. Tetapi bagi karyawan baru itu sendiri, sebenarnya hari pertama di tempat kerja merupakan hari yang cukup mendebarkan.

Tak jarang karyawan baru merasa sangat asing menghadapi rekan-rekan dan lingkungannya yang sama sekali baru. Kondisi ini kadang membuatnya membutuhkan waktu lama untuk beradaptasi. Akibatnya ia juga membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan hasil kerja yang optimal. Tentu saja hal ini tidak kondusif, baik bagi karyawan baru itu sendiri maupun lingkungannya. Nah jika anda membawahi karyawan baru tersebut, anda harus segera tanggap agar karyawan tersebut cepat beradaptasi dan bisa bekerja secara maksimal. Caranya? Coba ikuti petunjuk ini:

- Tugaskan seorang sekretaris atau salah satu staf anda untuk memperkenalkan karyawan baru pada semua personil di divisi anda. Perkenalkan juga pada pimpinan yang berhubungan dengan bidang pekerjaannya nanti. Beritahukan fasilitas fisik seperti ruang meeting, rest room, pantry, komputer, mesin fax, mesin foto kopi, dll. Pengenalan seperti ini akan membuat si karyawan baru lebih cepat menyatu dengan setiap unsur dalam lingkungan kantor barunya.

(more…)

Jangan Musuhi Anak Kesayangan Bos September 4, 2009

Posted by forjulian in artikel dunia kerja, Karyawan, kerja tim, Lingkungan Kerja, Prestasi Kerja, tips kerja.
Tags: , , , , , ,
add a comment

Siapapun pasti pengin jadi anak kesayangan bos. Soalnya, jadi anak kesayangan bos itu enak. Bagaimana tidak? Konon, jadi anak kesayangan itu biasanya mendapat perlakuan istimewa loh dari bos. Misalnya diberikan fasilitas yang lebih baik, gampang naik jabatan, dan ehmm enaknya bisa dapet salary yang lebih besar dibanding karyawan di levelnya.

Melihat sejumlah perlakuan istimewa tersebut, nggak heran kalo banyak yang memandang sinis pada anak kesayangan si bos. Bahkan nggak jarang mereka yang sinis menganggap anak kesayangan itu pinter carmuk (cari muka). Yang lebih ekstrim, orang-orang yang iri akan menganggap anak kesayangan bos ‘penjilat sejati’.

Padahal sebenarnya sih mereka yang iri dan sinis, diem-diem juga pengin disayang bos. Lagian siapa juga yang mau nolak kalau disayang ama orang selevel bos? Nah, kalo pengin disayang juga ama bos jangan iri dulu ama si ‘anak emas’. Jangan mengambil sikap bermusuhan dengannya. Karena memusuhi anak kesayangan bos sama aja cari bahaya. Kalo bos mengendus sikap permusuhan anda dengan anak kesayangannya, bisa-bisa andalah yang akan dimusuhi si bos. Yang lebih bahaya, bisa aja karir anda terhambat.

(more…)

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.