jump to navigation

Agar Kerja Lebih Efektif Saat Puasa August 31, 2009

Posted by forjulian in Karyawan, Lingkungan Kerja, tips kerja.
Tags: , ,
trackback

Bulan Ramadhan telah tiba, itu berarti umat Islam menjalankan ibadah puasa. Begitu juga dengan anda bukan? Meski sibuk dengan segudang pekerjaan di kantor tentu tak menghalangi anda untuk tetap berpuasa. Tetapi tak dapat dipungkiri kadang perut yang kosong saat puasa, membuat gairah dan konsentrasi kerja anda menurun.

Padahal kinerja yang menurun saat puasa tidak selalu karena perut yang kosong. Hal tersebut juga dipengaruhi oleh penerapan pola kerja yang kurang tepat. Nah, agar ritme kerja anda lebih efektif, coba intip deh tips berikut ini:

Selesaikan tugas-tugas berat sebelum jam 12.00

Biasanya pagi hari anda masih dalam keadaan semangat dan fresh. Lagipula di hari-hari biasa pun di bawah jam 12 perut anda belum minta diisi. Makanya waktu ini sangat efektif jika anda gunakan untuk melakukan pekerjaan menyita energi dan pikiran anda.

Jangan mengingat-ingat kalau anda sedang puasa

Ibadah puasa memang relatif berat bila dilakukan sambil bekerja. Tapi ibadah ini hendaknya jangan dianggap sebagai beban. Anggaplah anda sedang berdiet sambil mengumpulkan pahala. Dengan demikian waktu akan cepat berlalu. Dan anda pun dapat menyelesaikan pekerjaan seperti biasa.

Atur waktu presentasi dengan klien di pagi hari

Waktu yang tepat untuk melakukan presentasi adalah pagi hari selagi kondisi masih segar, badan masih fit dan bertenaga. Dengan demikian presentasi anda akan lebih sukses jika dilakukan di pagi hari. Tapi jika klien menjadwalkan siang hari, simpanlah tenaga untuk siang hari dengan mengerjakan tugas-tugas yang lebih ringan di pagi hari.

Jangan terus menerus berada di depan layar computer

Dalam keadaan tidak puasa pun kepala anda akan terasa pening jika terlalu fokus ke layar komputer terus menerus. Maka alihkan perhatian dan pandangan anda ke hal lainnya setiap satu jam sekali selama 5 menit. Anda bisa membebaskan pandangan anda ke luar jendela atau keluar ruangan sejenak. Kemudian jika anda sudah merasa lebih fresh kembalilah ke pekerjaan anda.

Dengarkan musik

Agar otak anda nggak jenuh, putarlah musik kesukaan anda. Bagi penikmat musik, dengerin musik sambil bekerja diyakini dapat menambah semangat dan gairah anda. Selain itu musik kesukaan anda akan melupakan anda dari lapar dan dahaga yang anda rasakan saat puasa. Toh mendengarkan musik tidak membatalkan puasa bukan?

Istirahat

Meskipun tidak ada acara makan siang, tapi saat jam istirahat berhentilah dari aktivitas kerja anda. Tinggalkan meja dan komputer anda. Anda bisa mengganti kegiatan makan siang dengan kegiatan ibadah. Atau anda bisa bertemu dengan rekan-rekan kantor saat istirahat sekedar menyegarkan pikiran.

Hal yang lebih penting, hadapilah pekerjaan dengan tenang, optimis, dan santai. Sikap tegang hanya membuat pekerjaan sulit dihadapi, konsentrasi pun jadi pecah. Kondisi ini bisa berlanjut pada tahap jenuh. So, bersikaplah lebih tenang. Ingat, bekerja juga merupakan ibadah loh. Selamat menjalan ibadah puasa dan bekerja…!

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: