jump to navigation

Atur Laci Arsip Anda! August 31, 2009

Posted by forjulian in Artikel lama tapi oke, Karyawan, tips kerja.
Tags: , , , ,
trackback

Dalam bekerja, anda tak pernah lepas dari berbagai arsip dan dokumen. Untuk memudahkan anda dalam bekerja, sebaiknya anda melakukan pengaturan sistim kearsipan anda. Jika anda tidak memiliki lemari khusus, kearsipan ini bisa disusun di laci meja anda. Langkahnya cukup mudah kok, coba ikuti petunjuk ini:

– Pilihlah arsip-arsip berdasarkan kegunaannya. Jika anda hanya menyentuhnya tiga sampai empat minggu minggu sekali, letakkan arsip tersebut di laci bawah anda. Tapi jika anda sering menggunakannya atau setiap hari simpanlah arsip tersebut di laci sentral yang memudahkan anda mencarinya. Simpanlah informasi lama atau bahan pendukung tanpa menyita ruangan atau laci yang penting.

– Beri label pada setiap arsip berdasarkan subyek tertentu, dan buatlah subyek tersebut menjadi judul besar pada setiap folder arsip. Jika anda menemukan lebih dari satu arsip dengan informasi yang berkaitan tempatkan semua bahan tersebut dalam satu folder dalam satu laci.

– Bersihkan semua arsip jika terlalu makan tempat. Kertas-kertas tidak boleh menonjol, sembunyikan label pada pembatas atau tempatkan ke bagian atas laci. Buang informasi yang sudah lama, salinan, draft, catatan tua dan bahan referensi yang tidak lagi diperlukan. Pada kasus dimana semua informasi yang tersisa ternyata penting namun terlalu makan tempat, maka pisahkan informasi yang paling baru dan simpan tidak jauh dari anda. Tempatkan sisanya di pusat arsip atau dalam arsip di belakang arsip yang pertama.

Sekarang coba deh atur laci arsip anda. Percaya deh jika laci arsip rapi anda tidak akan bingung mencarinya. Dan ini menunjang kelancaran kerja anda bukan? Jangan lupa, kunci laci meja anda untuk menghindari tangan-tangan yang tak bertanggung jawab. Selamat mencoba!

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: