jump to navigation

Bakar Semangat dengan Manjakan Diri August 31, 2009

Posted by forjulian in Artikel lama tapi oke, Karyawan, tips kerja.
Tags: , , , ,
trackback

Anda cerdas, hebat, dan berprestasi tapi tak ada satupun sanjungan sampai ke telinga anda. Jangan sedih! Memang, pujian dan penghargaan dari orang lain dapat menambah semangat dan percaya diri pada diri seseorang. Tapi jika anda tidak mendapatkannya, nggak usah bete. Nggak perlu menunggu orang lain melakukannya. Mulailah dari diri anda sendiri. Anda berhak memberi penghargaan pada diri sendiri.

Bahkan pakar psikologi mengatakan, “Jangan ragu memberi hadiah pada diri sendiri karena hanya andalah yang paling tahu hal hebat yang telah anda lakukan”. Kalau perlu rayakanlah setiap saat! Karena kalau bukan diri sendiri yang melakukannya, siapa lagi? Tindakan ini menunjukkan bahwa anda sangat menghargai diri sendri. Selain itu, menghargai diri sendiri berarti anda menikmati hidup!

Anda dapat menghargai diri sendiri dengan menyayangi dan memanjakan diri anda. Berikut ini beberapa alternatif yang dapat anda lakukan:

* Deadline kerja anda telah terpenuhi, anda boleh bernafas lega dan tertawa. Nikmati dan kagumi hasil kerja anda. Ambillah secarik kertas dan catat point-point terbaik hasil kerja anda dan tersenyumlah!

* Anda baru saja menyelesaikan proyek sulit dan hasilnya pun memuaskan, anda sangat gembira dan berhak merayakannya. Pesanlah aneka penganan ringan di toko kue dan berikan alamat kantor anda. Kemudian nikmati pesanan anda bersama teman-teman di kantor.

* Hari ini anda telah menyelesaikan tugas dan pekerjaan yang cukup banyak dalam waktu singkat. Karena anda puas, maka hargai diri anda sendiri dengan memesan seikat kembang yang anda pesan untuk diri sendiri. Sertai dengan sepucuk kartu dengan ucapan penambah semangat kerja anda.

* Setiap kali anda menyelesaikan satu pekerjaan, periksalah inbox email anda. Bacalah email-email dari sahabat atau kekasih. Kirimkan balasannya. Selipkan kata-kata bahwa anda rindu ingin bertemu dengannya.

* Anda merasa telah bekerja giat selama seminggu, maka manjakanlah diri anda di akhir pekan. Pergilah ke salon langganan anda, lakukan perawatan seluruh tubuh seperti creambath, manicure, pedicure, luluran, sauna, dsb. Kalau anda pria, anda bisa memanjakan diri dengan makan enak di restoran, menginap di hotel, dan kegiatan lain yang menyenangkan anda di akhir pekan. Anda bebas memilih kegiatan yang anda suka.

* Anda telah bekerja keras selama setahun, anda berhak menikmati liburan panjang. Ambillah cuti selama seminggu atau dua minggu, pergilah ke tempat yang menyenangkan bersama keluarga atau orang-orang terkasih. Rencanakan dan lakukan kegiatan yang menyenangkan bersama mereka. Dijamin anda merasa lebih bergairah dan bersemangat.

Masih banyak cara untuk menyayangi dan memanjakan diri sendiri. Hal di atas hanyalah sepenggal contoh yang dapat anda lakukan dengan mudah. Nah apakah anda punya ide lain untuk memanjakan, menyayangi dan menghargai diri sendiri? Pastilah di otak anda banyak ide-ide untuk menyayangi diri anda. Maka jangan ragu untuk melakukannya! Karena menyayangi diri sendiri dapat membakar gairah, semangat, dan motivasi untuk berkarya. Dan berarti anda pun mensyukuri apapun yang telah diberikan pada anda? Anda setuju? Mulailah dari sekarang…!

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: