jump to navigation

Bersaing Dengan Teman Dekat August 31, 2009

Posted by forjulian in Karyawan, kerja tim, Lingkungan Kerja, tips kerja.
Tags: , , , ,
trackback

Persaingan yang harus anda hadapi di lingkungan kantor memang cukup ketat. Tapi persaingan bukanlah hal yang negatif. Jika persaingan itu cukup sehat justru akan memacu semangat dan kreativitas anda untuk menghasilkan karya yang lebih baik.

Maka seketat apapun persaingan di kantor Anda untuk meraih posisi yang anda inginkan, hadapilah! Termasuk jika terpaksa Anda harus bersaing dengan rekan dekat Anda di kantor. Karena meskipun dalam keseharian Anda cukup akrab dan dekat dengan rekan Anda, bukan alasan untuk tidak berani bersaing, dengan dalih nggak enak hati.

Perlu Anda catat, mengalah dengan teman dekat bukanlah langkah yang bijak. Pada dasarnya bersaing itu perlu. Dengan catatan dilakukan dengan sehat dan melalui jalur yang benar. Karena meskipun sobatan, Anda dan dia punya hak yang sama untuk meraih posisi yang lebih baik dan punya hak yang sama untuk dipromosikan.

So, Anda nggak perlu gelisah, apalagi merasa sungkan dengan rekan dekat Anda. Saran pakar karir Ester Wachs penulis buku Why The Best Man For The Job is Woman, lebih baik persiapkan saja diri Anda dan konsentrasi penuh untuk mendapatkan promosi jabatan itu. Cari tahu apa yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan promosi itu. Tapi setidaknya, Anda harus kerja keras, loyal, disiplin, meningkatkan kompetensi, dan kredibel.

“Yakinkan atasan kalau Anda orang yang tepat untuk posisi itu,” tandas Wachs. Kalo perlu minta waktu untuk “wawancara promosi” ini. Dengan melakukan terobosan berani yang jarang-jarang dilakukan orang, bahkan sama sekali tak terpikirkan oleh rekan Anda, berarti Anda sangat tertarik atas posisi tersebut. Sehingga bos akan mengetahui bahwa Anda lebih baik.

Mulai sekarang nggak perlu ragu lagi bersaing dengan sobat sendiri. Jika Anda mampu bersaing dengan sehat, persahabatan Anda di kantor akan lebih berarti. Bahkan, Anda dan dia bisa saling memberi pengaruh pada peningkatan kualitas masing-masing. So, selamat bersaing..!

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: