jump to navigation

Etika Berponsel Dalam Seminar August 31, 2009

Posted by forjulian in Karyawan, Tindakan Atasan.
Tags: , ,
trackback

Anda mungkin pernah terganggu oleh deringan ponsel saat serius menyimak pembicaraan dalam seminar. Deringan suara ponsel, apalagi yang bersahutan memang seringkali membuyarkan konsentrasi acara. Tapi memang tak bisa dihindari, kemudahan penggunaan ponsel menyebabkan setiap orang bisa dihubungi dimana saja, termasuk dalam ruangan seminar.

Tetapi jika Anda tidak bisa mengatur penggunaan ponsel dalam ruang seminar, Anda akan dicap tidak tahu etika sekaligus dianggap over acting. Nah, di bawah ini adalah tips sopan santun dalam berponsel ria di ruangan seminar:

Matikan ponsel ketika seminar berlangsung

Hal ini adalah aturan yang berlaku umum. Anda datang ke seminar bukan untuk berbincang-bincang dengan klien anda melalui ponsel, namun untuk menyimak pembicaraan seminar. Matikan ponsel Anda sesaat sebelum seminar berlangsung. Ini akan membantu Anda memusatkan perhatian dan tidak menganggu peserta seminar lain. Sehingga hal ini akan memperlancar jalannya seminar.

Siapkan voice mail sebelum seminar

Agar kolega Anda tidak bertanya-tanya karena ponsel Anda tidak aktif, siapkan voice mail untuk menjawab panggilan yang masuk. Jelaskan dalam voice mail Anda mengapa Anda tidak mengaktifkan ponsel serta kapan Anda dapat dihubungi. Misalnya “Maaf, saya sedang menghadiri seminar di…..Silakan kembali hubungi saya pada pukul … Atau tinggalkan pesan dan nomor yang dapat saya hubungi.”

Gunakan nada getar atau kecilkan dering ponsel

Jika Anda masih menanti telpon penting saat seminar akan berlangsung, matikan dering ponsel Anda dan gantilah dengan menu ‘getar’. Simpan ponsel Anda dalam saku sehingga Anda bisa merasakan jika ada panggilan. Jika ponsel Anda tidak memiliki fasilitas ‘getar’, kecilkan volume dering, dan pastikan hanya Anda yang bisa mendengarnya. Nah jika Anda ingin menjawab telepon penting ini, mengungsilah sejenak ke tempat yang nyaman untuk menerima telepon, misalnya rest room. Sehingga Anda tidak mengganggu peserta lain.

Selektif menjawab panggilan

Bila ada panggilan masuk, perhatikan nomor yang masuk di layar ponsel. Jika Anda merasa nomor yang masuk tidak berkepentingan dengan Anda, lebih baik tidak usah dijawab. Sebaiknya Anda hanya menjawab panggilan yang memang sudah Anda tunggu.

Gunakan fasilitas SMS

Jika saat seminar berlangsung dan Anda merasa perlu menghubungi seseorang, manfaatkan fasilitas SMS untuk mengirim pesan. Kirimkan pesan yang singkat dan jelas. Karena pesan yang terlalu panjang akan mengganggu konsentrasi Anda dan peserta seminar lain. Ada baiknya bila hal ini dilakukan sebelum seminar dimulai.

Cek mailbox saat break

Saat break atau istirahat tiba, periksalah mailbox Anda. Jika ada pesan penting, segera hubungi si pengirim pesan. Tapi jangan larut dalam obrolan yang tidak perlu di ponsel. Ingat, Anda juga perlu bersosialisasi dan membaur dengan peserta seminar lain. Sehingga Anda harus mengefektifkan waktu Anda dalam berponsel.

Nah Anda yang ingin menghadiri seminar, nggak ada salahnya pelajari etika berponsel di dalam ruang seminar. Karena walau kelihatannya sepele, tetapi jika Anda memahami etika berponsel dalam seminar, Anda telah mendukung lancarnya sebuah seminar.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: