jump to navigation

Hindari Kalimat Penolakan! August 31, 2009

Posted by forjulian in Artikel lama tapi oke, Karyawan, kerja tim, Prestasi Kerja, tips kerja.
Tags: , , ,
trackback

Berdasarkan survei yang dilakukan Robyn Ryan, penulis buku 60 Second and You’re Hired, para karyawan dan profesional di berbagai perusahaan ternyata punya banyak alasan untuk menolak pekerjaan di luar tanggung jawabnya. Namun, Ryan mencatat lima kalimat yang seringkali dilontarkan untuk melakukan penolakan.

Ryan mengatakan sebaiknya anda berhati-hati dalam menyampaikan penolakan. Karena penolakan yang anda ucapkan bisa jadi bumerang dan pemicu terhambatnya karir anda. Coba intip kalimat di bawah ini, siapa tahu salah satunya adalah kalimat yang pernah anda ungkapkan:

“Itu bukan pekerjaan saya”

Kalimat ini seringkali terlontar untuk menghindari tanggung jawab baru. Hati-hati mengucapkan kalimat ini. Karena umumnya bos atau atasan lebih menyukai karyawan yang fleksibel, mudah beradaptasi dan mau belajar mengenai hal-hal baru berkaitan dengan tugasnya.
So, lebih baik persiapkan diri anda untuk membantu bos, kapanpun dibutuhkan. Memang, anda jadi sedikit berkorban, tapi upah yang akan anda terima belakangan jauh lebih besar.

“Maaf saya sedang sibuk!”

Jangan minta dimaklumi karena kesibukan anda. Karena sebagai staf, anda harus selalu siap melayani permintaan atasan. Sebetulnya bila beban kerja anda berlebih, atasan juga merasakan hal yang sama. Jadi jangan minta dikasihani. Belajarlah untuk membuat prioritas.

“Saya tidak tahu caranya”

Ungkapan ini menyiratkan bahwa anda tidak mau melakukan tugas baru yang diberikan pada anda. Lebih baik anda pelajari dulu tugas tersebut kemudian tanyakan pada orang-orang yang lebih mengerti. Kalau perlu tanyakan langsung pada atasan sehubungan kesulitan yang anda hadapi.

“Saya sedang tidak konsentrasi”

Ucapan di atas terdengar konyol, karena dalam bekerja anda harus konsentrasi apapun masalah anda. Sekalipun anda sedang bermasalah, katakan anda siap menerima pendelegasian. Selajutnya pikirkan solusi terbaik.

“Saya sedang ada masalah berat”

Kalimat ini mencerminkan anda tidak kuat mental dan tidak bisa menghandle masalah sendiri. Jika anda punya masalah, apalagi masalah pribadi, jangan jadikan alasan untuk menolak tugas. Bedakan dengan tegas antara persoalan pribadi dengan tugas kantor.

Bagaimana dengan anda sendiri? Apa yang anda ucapkan begitu menerima pendelegasian tugas? Mulai sekarang pikirkan kalimat yang bijak setiap kali menerima tugas baru dari atas. Ucapan, “Baik akan saya kerjakan” jauh lebih bagus daripada berbagai ucapan yang menyiratkan penolakan. Walaupun selanjutnya anda mesti menyiasati dan berpikir lebih keras, ungkapan penolakan harus anda hindari. Kalau anda selalu siap dengan tugas-tugas yang diberi bos, kans anda untuk punya karir menjulang semakin besar.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: