jump to navigation

Jangan Berkonfrontasi dengan Bos! August 31, 2009

Posted by forjulian in Karyawan, kerja tim, tips kerja.
Tags: , , ,
trackback

Pernahkah anda bermasalah dengan bos dan berharap bos segera diganti? Kalau ya, anda tidak sendiri. Berdasarkan riset yang dilakukan Bob Nelson pada tahun 1997, 2 dari 3 karyawan yang nggak cocok ama bosnya berharap bosnya segera keluar.

Namun Bob juga mengatakan bahwa terus berharap bos keluar tidak akan menyelesaikan masalah. Sebaliknya anda harus melakukan pendekatan dan menjalin hubungan yang lebih dekat dengan bos. Caranya? Intip deh di bawah ini:

Berikan solusi bukan komplain

Menyalahkan dan sibuk mengkomplain kekurangan bos bukanlah cara terbaik. Lebih baik anda pahami bahwa bos pun manusia biasa yang butuh bantuan. Nggak jarang, bos pun berada dibawah tekanan. Karena itu lebih baik tawarkan solusi untuk menyelesaikan masalah bersama-sama.

Meminta maaf

Minta maaf adalah cara yang bijak jika anda melakukan kesalahan. Memang hal ini cukup berat tapi dengan meminta maaf bukan berarti mempermalukan anda. Mintalah kesempatan untuk memperbaikinya. Ini lebih baik daripada anda menyembunyikan kesalahan yang dapat berakibat fatal.

Ambil posisi sentral

Analisa apa kebutuhan bos anda, dan informasi yang dibutuhkannya ini akan menempatkan anda di posisi sentral dimana bos anda selalu membutuhkan anda. Kondisi ini tentu akan memperbaiki hubungan anda dengan bos.

Selebihnya, anda harus menjaga komunikasi dengan bos. Jangan seperti ‘api dalam sekam’. Apapun masalah pekerjaan yang anda hadapi sebaiknya dibicarakan dengan bos, termasuk jika gaya kepemimpinannya nggak sreg di hati anda. Dengan demikian anda tidak perlu berkonfrontasi dengan bos sendiri.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: