jump to navigation

Jangan Sembarangan Berinvestasi! August 31, 2009

Posted by forjulian in Investasi, Karyawan, Tindakan Atasan.
Tags: ,
trackback

Meningkatnya berbagai macam kebutuhan belakangan ini menyebabkan banyak karyawan yang mencari penghasilan tambahan, di luar gaji pokok mereka. Salah satu caranya adalah dengan berinvestasi. Beragam cara bisa dilakukan sebagai langkah investasi. Mulai investasi emas, tanah, properti, dll.

Banyaknya pilihan tak jarang membuat anda bingung memutuskan investasi apa yang paling tepat. Nah sebelum anda memutuskan investasi, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan. Yang jelas anda tidak bisa sembarangan berinvestasi, karena investasi ini bersifat jangka panjang. Berikut ini adalah beberapa tips sebelum melakukan investasi:

– Jangan menggunakan uang yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.Artinya uang investasi tersebut merupakan net income anda perbulan, yaitu total income dikurangi total pengeluaran.

– Hindari berinvestasi di bidang yang tidak anda pahami. Untuk itu, sebaiknya sebelum memutuskan, anda cari informasi selengkapnya mengenai investasi tersebut.

– Meski menanamkan modal pada usaha milik teman baik, jangan lupa buat perjanjian tertulis. Ini adalah cara untuk mempertahankan diri saat terjadi tindak hukum dan menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

– Hindari investasi yang menjanjikan keuntungan melebihi rasionalitas, misalnya keuntungan 50% dalam jangka waktu satu bulan.

– Bila tidak paham akan investasi tertentu, jangan mengambil keputusan sendiri. Berkonsultasilah kepada teman atau orang yang lebih memahami seluk beluk investasi. Bisa juga anda konsultasikan pada ahli keuangan.

– Sadarilah bahwa investasi bukanlah usaha instan tetapi perlu usaha yang memerlukan waktu, kesabaran dan ketekunan untuk mendapatkan keuntungan.

– Jangan sekalipun berinvestasi karena terpaksa, hanya ikut-ikutan teman atau sekedar ikut trend. Kalau anda melakukannya anda akan menyesal.

– Investasi di bidang properti sebaiknya tidak berupa rumah tinggal, tetapi yang lebih produktif misalnya ruko, kos-kosan atau perkantoran.

Nah apakah anda ingin berinvestasi? Jika ya, jangan terburu-buru, ikuti tips di atas. Semoga investasi anda sukses…!

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: