jump to navigation

Jangan Terpaku Pada Bos! August 31, 2009

Posted by forjulian in Artikel lama tapi oke, Karyawan, tips kerja.
Tags: , , , , , , ,
trackback

Apakah anda masih memikirkan upaya ‘menjilat’, ‘cari muka’ dan abis-abisan mencari perhatian si bos demi kesuksesan karir? Kalau ya, mulailah tinggalkan cara-cara kuno itu. Cara-cara tersebut udah nggak terlalu ‘ngaruh’ lagi bagi karir anda. Walaupun masih bisa, tapi pengaruhnya tidak terlalu besar dibanding jika anda memperluas orientasi kerja ke segala arah. Menurut pendapat Carolyn Duff, pemilik pelatihan bisnis komunikasi di Amerika, untuk sukses dalam karir di masa kini, anda tidak bisa terpaku pada bos.

Kalau dulu, para karyawan cenderung menuruti apa perintah dan kata bos serta mengorientasikan segala sesuatunya pada bos, kini anda tidak bisa terpaku lagi pada bos. Jika anda ingin sukses, anda harus mengorientasikan pekerjaan ke segala arah.

Anda justru harus memperluas pergaulan di antara rekan-rekan sekerja dan juga dengan para atasan dari divisi lain. Ingat, peluang karir tidak melulu berasal dari bos anda semata. Anda harus membuka mata dan telinga lebar-lebar terhadap kemungkinan peluang karir lainnya.

“Jika anda mengorientasikan pekerjaan hanya pada bos, kesempatan emas lain di kantor tidak akan pernah anda lihat. Pergaulan anda pun tidak akan berkembang maksimal karena perhatian anda terfokus pada bos,” kata Duff.

So, sekarang mulailah mempelajari situasi di kantor. Cari tahu siapa-siapa saja orang yang dapat mendongkrak karir anda. Kemudian lakukan upaya pendekatan. Jika ia membutuhkan bantuan, cobalah tawarkan bantuan anda dan tunjukkanlah potensi anda. Ingat, dalam hal ini anda harus bisa membedakan mana orang yang akan memberi dampak bagi kemajuan karir jika anda bantu dan mana yang tidak. Pendek kata, orang-orang yang anda bantu sebaiknya adalah orang yang bisa berpengaruh terhadap karir anda.

Kedengarannya licik ya? Mungkin iya, tapi nggak perlu khawatir, ini merupakan bagian dari strategi untuk sukses kok. Dan hanya orang-orang yang cukup peka, jeli, dan cerdaslah yang bisa mengetahui orang-orang berpengaruh di sekelilingnya..! Lagipula cara ini menunjukkan bahwa anda cukup kreatif dalam bekerja dan bergaul di dunia kerja. Nah nggak ada salahnya tuh dicoba..!

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: