jump to navigation

Kata-kata Sederhana Penunjang Sukses August 31, 2009

Posted by forjulian in Artikel lama tapi oke, Karyawan, kerja tim, Lingkungan Kerja, tips kerja.
Tags: , , , , , , , ,
trackback

Bicara memang mudah, karena apapun yang ada dalam pikiran Anda bisa langsung Anda ungkapkan dalam bentuk kata-kata. Tetapi ada beberapa kata-kata sederhana yang kedengarannya sepele namun memberi dampak cukup besar bagi suksesnya sosialisasi dan pergaulan Anda di kantor, jika Anda tidak lupa mengucapkannya. Apa aja sih kata-kata itu? Coba deh simak di bawah ini:

Terima kasih

Jangan pernah lupa mengucapkan ‘terima kasih’ setiap kali Anda mendapatkan sesuatu dari rekan kantor Anda. Baik berupa barang, makanan, pujian, maupun bantuan pekerjaan. Apalagi jika bos yang memberikannya. Ucapan klasik dan sederhana ini menandakan Anda bisa menghargai orang lain. Percaya deh, jika Anda mengucapkannya orang pun akan lebih menghargai Anda.

Tolong

Kata ‘tolong’ harus Anda ucapkan setiap kali Anda meminta pertolongan orang lain. Ini merupakan etiket dasar yang menandakan Anda punya sopan santun. Sekalipun posisi Anda bos dan ingin memerintahkan anak buah, jangan lupa sertai dengan kata ‘tolong’. Misalnya “Tolong selesaikan proposal kerjasama ini….” Tanpa kata ‘tolong’ Anda terkesan diktaktor dan bossy, apalagi jika Anda selevel dengan orang yang Anda mintai tolong.

Maaf

Kata ‘maaf’ mutlak Anda ucapkan jika Anda melakukan kesalahan. Datang terlambat ke kantor, nggak memenuhi deadline, atau salah menyebutkan sesuatu merupakan beberapa kesalahan yang sangat membutuhkan kata ‘maaf’. Segera akui kesalahan Anda pada bos dan perbaiki kesalahan tersebut. Kata ‘maaf’ juga diperlukan untuk hal-hal kecil seperti lupa mengembalikan buku teman, menyenggol rekan di lift, dll. Orang yang tak pernah mengucapkan kata maaf atas kesalahan yang diperbuat hanyalah orang-orang sombong dan munafik.

Salam

Ucapan salam seperti ‘hallo’, ‘selamat pagi’, atau ‘hai’ juga cukup penting Anda ucapkan jika Anda berpapasan dengan teman kantor, bos, atau siapa saja yang Anda kenal di kantor. Begitu juga jika Anda menerima telpon atau menelepon. Walau terkesan basa-basi tapi hal ini merupakan etika pergaulan. Jangan lupa tampilkan senyum Anda setiap kali berjumpa dengan mereka. Jika Anda ingin meninggalkan orang yang Anda ajak bicara, nggak ada salahnya Anda ucapkan, ‘sampai jumpa’, atau ‘sampai ketemu lagi’.

Percaya deh, walau sederhana dan sepele, kata-kata tersebut cukup ‘mujarab’ untuk memuluskan pergaulan Anda di kantor. Tapi tentu saja lakukanlah dengan tulus, bukan sekedar ‘formalitas’. Nah sukses dalam pergaulan di kantor pun akan membantu Anda sukses dalam karir bukan..?

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: