jump to navigation

Ketrampilan Dasar Sebuah Teamwork August 31, 2009

Posted by forjulian in Artikel lama tapi oke, Karyawan, kerja tim, Perusahaan, Prestasi Kerja, Tindakan Atasan, tips kerja.
Tags: , , , , , , , , , ,
trackback

Dewasa ini, pembentukan teamwork dianggap solusi terbaik untuk mencapai kesuksesan di organisasi perusahaan. Banyak yang meyakini, tim yang solid akan lebih mudah menyelesaikan delegasi tugas-tugas organisasi. Namun untuk membentuk sebuah teamwork yang solid merupakan hal yang terbilang sulit.

Kesulitan tersebut didasari oleh kenyataan bahwa dalam teamwork terdapat banyak kepala dengan banyak gagasan dan pendapat. Dan untuk menyatukannya bukanlah hal yang mudah. Menurut definisi umum, teamwork merupakan sekumpulan individu yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama. Kumpulan individu ini harus memiliki aturan dan mekanisme kerja yang jelas. Di dalamnya terdapat koordinasi dan prosedur yang harus disepakati oleh seluruh anggota teamwork. Hal ini berguna untuk menjaga keharmonisan sebuah tim.

Dan untuk mencapai keharmonisan dan penyatuan yang solid, masing-masing individu memililiki tanggung jawab yang sama. Jika muncul suatu pertentangan, perbedaan, dan perdebatan semua harus terlibat dalam proses penyatuan tersebut. Hanya saja tentu ada satu orang atau ketua tim yang akan membuat keputusan berdasarkan saran dan pendapat dari seluruh anggota.

pentingnya peran masing-masing, setiap individu harus memiliki ketrampilan basic yang diperlukan untuk bekerja secara team. Secara garis besar, ada dua ketrampilan utama yang mutlak harus dimiliki anggota tim, yaitu:

Ketrampilan managerial (Managerial Skills)

Ketrampilan managerial adalah kemampuan mengatur dan mengelola potensi diri sendiri. Serta kemampuan untuk melakukan koordinasi dengan sesama anggota tim. Termasuk di dalamnya kemampuan dalam membuat rencana kerja, menentukan tujuan, memantau kinerja, memonitor perkembangan dan memastikan pekerjaan telah dilakukan secara benar, dan lain-lain.

Ketrampilan interpersonal (Interpersonal Skills)

Ketrampilan ini merupakan ketrampilan melakukan kontak sosial dengan seluruh individu di dalam kelompok. Termasuk kemampuan berkomunikasi, saling menghargai pendapat orang lain dan kemampuan menjaga kekompakkan dengan anggota tim.

Dengan dua ketrampilan dasar tersebut, anda telah siap masuk ke dalam teamwork. Karena ketrampilan itu akan memudahkan anda bekerjasama sekaligus mengaktualisasikan diri anda di dalam sebuah tim. Dan jika anda sudah masuk di dalamnya secara otomatis anda telah memiliki tanggung jawab yang bersinergi pada satu tujuan yaitu mencapai kesuksesan bersama. Nah sudah siapkah anda menjadi anggota teamwork?

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: