jump to navigation

Komunikasikan Gaji Anda pada Pasangan! August 31, 2009

Posted by forjulian in Artikel lama tapi oke, Investasi, Karyawan.
Tags:
trackback

Masalah ‘salary’ atau gaji memang hal yang cukup sensitif untuk dibicarakan. Makanya nggak heran kalau banyak yang merahasiakan jumlah gajinya dari rasa ingin tahu rekan sekerja, teman-teman, atau lingkungan sekitarnya. Tapi bagaimana terhadap pasangan anda? Apakah anda juga tutup mulut soal gaji?

Jika hubungan anda dengan pasangan masih dalam taraf pedekate atau pendekatan adalah hak anda untuk merahasiakan angka nominal gaji bulanan anda. Tetapi jika hubungan anda dan pasangan sudah terikat dalam tali perkawinan adalah sangat bijak jika anda saling terbuka termasuk soal pendapatan, penghasilan, gaji atau apapun namanya. Karena apa? Jika anda tertutup soal gaji terhadap pasangan, akan menimbulkan berbagai prasangka negatif. Anda bisa saja dituduh pelit, nggak fair, dan tuduhan negatif lainnya.

Tetapi pada kenyataannya masih ada sebagian orang yang tertutup soal pendapatan terhadap pasangan. Namun tentu saja ada beberapa hal yang mendasari kenapa seseorang ‘bungkam’ soal gaji. Di bawah ini adalah beberapa indikasi yang menyebabkannya:

Gengsi

Pada sebagian orang merasa malu dan gengsi memberitahukan soal gaji, karena gajinya lebih kecil dari pasangan. Pada kasus ini, anda merasa minder jika gaji yang kecil diketahui pasangan sehingga anda memilih bungkam.

Gaji anda lebih besar

Sebaliknya, gaji yang lebih besar atau jauh lebih besar dari pasangan tak urung membuat anda merahasiakan soal gaji. Tindakan ini didasari karena anda khawatir akan timbul perasaan minder pada pasangan atau timbulnya tuntutan yang lebih besar dari pasangan ketika tahu gaji anda ternyata jauh lebih besar.

Privacy

Sebagian lagi menganggap bahwa masalah penghasilan adalah masalah yang sangat pribadi untuk diungkapkan, sekalipun kepada istri atau suami anda sendiri. Hal ini bukan pada perkara besar atau kecilnya gaji, tetapi lebih kepada privasi.

Namun terlepas dari itu semua, alangkah lebih baik jika masalah ‘salary’ dikomunikasikan kedua belah pihak, anda dan pasangan. Karena biar bagaimanapun ada keuntungan yang anda dapatkan dengan keterbukaan ini. Mau tau apa aja keuntungannya?

– Anda berdua pasangan bisa mengatur anggaran keluarga dengan baik. Karena anda dan pasangan tahu persis berapa keuangan keluarga yang dikumpulkan dari penghasilan berdua.

– Komunikasi antar suami istri akan semakin membaik, karena tidak ada hal yang ditutupi termasuk soal gaji. Sehingga tidak akan timbul prasangka macam-macam yang mendiskreditkan salah satu pihak.

Ingat, keterbukaan adalah salah satu syarat terjalinnya komunikasi yang baik antara suami-istri. Berapapun gaji anda, lebih baik anda komunikasikan sejak awal. Percayalah, dari keterbukaan ini akan timbul saling pengertian dan saling memahami satu sama lain. Anda juga bisa lebih menghargai kerja keras pasangan anda, terlepas dari besar kecilnya penghasilan yang ia peroleh.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: