jump to navigation

Menerima Mantan Karyawan August 31, 2009

Posted by forjulian in Karyawan, Perusahaan, Tindakan Atasan.
Tags: , , ,
trackback

Lazimnya, karyawan yang telah mengundurkan diri tidak ada ikatan lagi dengan perusahaannya terdahulu. Apalagi biasanya karyawan yang telah resign telah bekerja di perusahaan baru. Namun, pada kenyataannya ada juga loh mantan karyawan yang kembali bekerja di perusahaan lamanya.

Mungkin Anda bertanya-tanya mengapa mantan karyawan dipekerjakan kembali? Sebenarnya ada beberapa pertimbangan yang mendasari mengapa mantan karyawan dipekerjakan kembali. Pertimbangan umum, biasanya mantan karyawan itu telah memahami dasar-dasar bisnis sehingga tidak memerlukan banyak pelatihan daripada menerima karyawan yang sama sekali baru. Selain itu mantan karyawan pun mengenal lingkungan kerja dengan baik, baik para pekerjanya, suasananya, sistem kerja, dll. Dan ini memudahkan adaptasi dan sosialisasi yang diperlukan dalam dunia kerja.

Tapi tentu saja, pertimbangan tersebut tidaklah cukup. Banyak hal terkait yang perlu diperhatikan. Karena memperkerjakan mantan karyawan terkadang memang bisa berhasil tetapi juga bisa gagal. Nah jika Anda berwenang dalam penerimaan karyawan, pertimbangkan masak-masak sebelum menerima mantan karyawan. Ahli karir Phil Marquist menganjurkan Anda untuk mempertimbangkan hal-hal berikut, sebelum menerimanya:

Evaluasi hubungan Anda dengan mantan karyawan

Periksa kembali secara jujur dan teliti pengalaman Anda terdahulu dengan mantan karyawan itu. Periksalah kertas evaluasi kerja, keluhan-keluhan dan catatan kedisiplinannya. Ingatlah baik-baik bagaimana usaha Anda untuk meningkatkan produktifitasnya, dan bagaimana hasilnya. Lihat kembali bagaimana situasi dan kondisi kerja saat ia meninggalkan perusahaan Anda. Apakah saat itu bagian yang menjadi tanggung jawabnya sedang menampakkan kemajuan, penurunan atau sama saja?

Cari tahu bagaimana hubungannya dengan karyawan lain

Ajukan pertanyaan pada karyawan yang pernah bekerja sama dengannya. Mereka bisa mengingatkan Anda pada persoalan-persoalan yang mungkin sudah Anda lupakan. Anda pun akan mengetahui apakah mantan karyawan Anda akan disambut dengan tangan terbuka oleh lingkungan atau tidak. Jika mereka keberatan si mantan masuk kembali dalam lingkungannya, jangan abaikan, pertimbangkan sekali lagi. Karena toh sangat tidak kondusif mempekerjakan orang yang pernah bermasalah dan tidak diterima dengan baik oleh lingkungannya bukan?

Periksa secara obyektif prestasi mantan karyawan

Pertimbangkan bagaimana prestasinya di masa lalu. Apakah ia tergolong karyawan yang kompeten, biasa-biasa saja atau berkinerja buruk. Jika menyadari bahwa kinerjanya buruk rasanya sangat tepat jika Anda tidak menerimanya kembali. Bersikaplah obyektif, jangan pernah berpikir untuk menerimanya kembali hanya karena kasihan atau pertimbangan subyektif lainnya.

Rekomendasi dari pihak lain

Selain mengkonsultasikan dengan rekan-rekan kantor, konsultasikan dengan pihak lain yang pernah berhubungan langsung dengannya. Misalnya pelanggan, suplier, klien, dll. Tentukan pula apakah reaksi mereka positif atau negatif.

Periksa kembali referensi dari perusahaannya sekarang atau yang terdahulu

Bagaimana pun pengalaman Anda dengan mantan karyawan Anda jangan terbiaskan oleh pendapat orang lain. Pendapat orang lain semestinya memperkaya pendapat Anda. Amati apakah perusahaan yang sekarang atau pernah mempekerjakan mantan karyawan tersebut memberikan tanggapan dan puas dengan hasil kerjanya? Atau malah mengalami kegagalan?

Apakah Anda memang membutuhkannya?

Pertimbangkan apakah saat ini perusahaan memang sedang membutuhkan penambahan karyawan atau sebaliknya? Apakah penerimaan karyawan hanya bersifat temporer atau tetap? dan pertimbangkan juga budget perusahaan sebelum menerima mantan karyawan.

Nah jika saat ini mantan karyawan mengajukan lamaran, maka pertimbangkan sekali lagi seluruh hal-hal di atas. Apakah mantan karyawan Anda pantas mendapat kesempatan yang kedua sebagai karyawan tetap Anda? Temukan jawaban yang pas sebelum memutuskan. Dan jangan sampai penerimaan mantan karyawan hanya akan menimbulkan penyesalan.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: