jump to navigation

Meningkatkan Harga Diri di Kantor August 31, 2009

Posted by forjulian in Karyawan, Lingkungan Kerja, tips kerja.
Tags: ,
trackback

Bagi setiap individu harga diri adalah hal penting. Makanya sejak beberapa tahun belakangan ini sering diselenggarakan training dan kursus untuk meningkatkan harga diri seseorang. Begitu juga dengan lembaga perusahaan yang ingin meningkatkan performa karyawannya. Tapi tentu saja, hal ini tidaklah murah.

Padahal tanpa perlu pelatihan, kursus dan segala macam, anda bisa meningkatkan harga diri di kantor. Berikut ini adalah cara meningkatkan harga diri Anda di lingkungan kerja:

Jangan menjadi perfectionis

No body’s perfect, tak ada seorangpun yang sempurna di dunia ini. Maka jangan mengejar kesempurnaan. Kerjakan segala sesuatunya lebih baik lagi. Bila Anda melakukan kesalahan, maafkanlah, dan maju terus.

Beri penghargaan pada diri Anda sendiri

Apa pun hal baik yang Anda lakukan, hargailah. Sekecil apa pun usaha Anda, jangan remehkan. Bila Anda meremehkan karya Anda, bagaimana Anda bisa mengharapkan orang lain menghargainya. Jangan sesali kekurangan yang muncul. Jadikan itu sebagai umpan balik untuk mengambil langkah-langkah yang lebih baik.

Pusatkan perhatian pada apa yang bisa Anda kendalikan

Bila Anda mengerjakan apa yang bisa Anda kuasai, kepercayaan diri Anda akan bertambah. Jangan sia-siakan keyakinan diri Anda terbuang percuma pada hal-hal yang tidak bisa Anda kendalikan. Kerjakan apa yang bisa Anda kerjakan. Itu lebih memompakan harga diri Anda.

Mulailah dengan satu langkah

Mulailah dengan apa yang bisa Anda lakukan. Jangan bebani diri Anda terlalu banyak langkah. Pilah-pilah apa yang akan Anda lakukan. Mulailah dengan satu langkah.

Bergaulah dengan mereka yang bermental positif

Besi pun menjadi magnet bila berdekat-dekatan dengan magnet. Agar harga diri Anda terjaga, jauhi mereka yang berpikiran negatif. Bergaulah dengan orang-orang yang memiliki pikiran positif.

Bersikap optimis dan realistis

Anda boleh bersikap optimis dan memandang masa depan dengan penuh harapan. Namun Anda tetap harus bersikap realitis. Pandanglah kenyataan apa adanya. Bersiaplah menghadapi persoalan.

Jadilah teman bagi orang lain

Tolonglah orang lain dan berikan toleransi Anda pada kesalahan-kesalahan yang mereka buat, sepanjang mereka belajar dari Anda. Memaafkan orang lain menolong Anda untuk memaafkan diri sendiri.

Nikmati diri Anda

Sediakan waktu untuk menikmati hidup ini. Jangan habiskan waktu untuk mengejar rencana dan pekerjaan Anda. Luangkan waktu bersama keluarga dan mereka yang Anda cintai. Ini menumbuhkan kepercayaan pada diri Anda dan pandangan positif akan kehidupan ini.

Ingat, jika Anda memiliki harga diri yang baik, rasa percaya diri Anda pun akan semakin tumbuh. Hal ini tentu saja akan membantu Anda menggapai sukses.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: