jump to navigation

Prinsip Operasional Dalam Bisnis August 31, 2009

Posted by forjulian in Karyawan, kerja tim, Marketing, Perusahaan, Tindakan Atasan, tips kerja.
Tags: , ,
trackback

Bagi banyak orang awam, bisnis adalah kegiatan menjual sesuatu kemudian mendapat untung. Pendapat tersebut memang tidak salah, tetapi juga kurang tepat. Karena berbisnis terkait dengan banyak hal daripada sekedar menjual lalu memperoleh laba sekian.

Jika Anda ingin menjalankan suatu bisnis paling tidak Anda harus memahami prinsip-prinsip operasional bisnis yang tepat. Namun masalahnya, tidak banyak yang memahami apa yang dimaksud prinsip operasional bisnis. Di bawah ini adalah prinsip operasional bisnis yang perlu Anda ketahui bagi Anda yang ingin terjun dalam bisnis, simak deh:

Memenuhi kebutuhan pelanggan

Ini merupakan prinsip pertama dalam bisnis. Ketahuilah apa yang pelanggan butuhkan. Kemudian berusahalah untuk memenuhinya. Caranya dengan melakukan survei kebutuhan pelanggan dan pasar. Setelah anda ketahui kebutuhan tersebut, pasarkan produk yang memenuhi kebutuhan itu dengan kualitas produk yang baik.

Produk yang unggul

Berikan produk dengan kualitas terbaik yang dirancang secara inovatif dengan nilai tinggi. Kemudian tetapkan harga konsumen yang pantas. Dalam arti harga ini sesuai dengan kualitas barang, ongkos produksi, dll.

Dukungan pemasaran

Lakukan strategi pemasaran yang aktif dan inovatif. Karena pemasaran merupakan strategi atau kunci suksesnya suatu bisnis. Kerahkan tenaga pemasaran semaksimal mungkin, kalau perlu tetapkan target.

Lini produk

Kembangkan lini produk dan bisnis baru yang menawarkan kesempatan besar untuk pertumbuhan jangka panjang.
Margin keuntungan

Tetapkan dan peroleh margin keuntungan yang tinggi. Caranya dengan menjadi penghasil produk dalam volume besar dengan biaya serendah mungkin. Dalam hal ini prinsip ekonomi sangat berlaku.

Lingkungan kerja

Sediakan lingkungan kerja yang cukup nyaman bagi karyawan sebagai sarana untuk berproduksi dan berkreasi. Sehingga mereka bisa lebih produktif sekaligus bertanggung jawab.

Pengembalian pada pemegang saham

Jangan abaikan sistem pengembalian yang layak dan konsisten pada pemegang saham. Tetapkan pembagian laba yang adil berdasarkan kesepakatan bersama.

Selain hal di atas tentu saja Anda harus lebih banyak menggali informasi berkaitan dengan bisnis Anda. Selebihnya tentu saja harus dibarengi dengan kerja keras dan doa. Selamat berbisnis..!

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: