jump to navigation

Raih Pekerjaan Idaman Anda! August 31, 2009

Posted by forjulian in Artikel lama tapi oke, Karyawan, Prestasi Kerja, tips kerja.
Tags: , , , ,
trackback

Belakangan ini banyak para pekerja yang merasa bahwa pekerjaan yang mereka lakukan saat ini bukanlah pekerjaan yang mereka inginkan. Banyak yang melakukan pekerjaan hanya sekedar untuk mendapatkan uang dan berpikir “Ah daripada nggak kerja…”. Sehingga tak jarang mereka mengesampingkan minat dan bakatnya.

Nah apakah anda termasuk salah satunya? Jika ya, mungkin dalam hati anda ada keinginan untuk berganti pekerjaan. Tetapi seperti halnya mereka, anda juga kerap dilanda perasaan ‘khawatir’ jika menjalani pekerjaan baru. Khawatir menghadapi lingkungan baru yang tidak cocok, takut bermasalah dengan teman-teman baru, dan malas beradaptasi dengan bos baru.

Jika anda mengalami masalah serupa, ada baiknya anda jangan bersikap pasrah. Karena menekuni pekerjaan yang sebenarnya tidak anda inginkan sama saja menyiksa batin anda lebih lama. Memang, mencari pekerjaan ideal yang sesuai itu tidak mudah. Banyak orang yang terjebak dengan pekerjaan yang sudah terlanjur didapatkan. Nah, berikut ini adalah tips bagi anda untuk meraih pekerjaan ideal:

Introspeksi diri

Cobalah untuk introspeksi diri. Kenali kelebihan dan kekurangan diri. Terimalah segala kekurangan anda, dan jangan menipu diri. Bebaskan fantasi tentang pekerjaan serta lingkungan kerja yang anda idamkan. Sehingga anda punya gambaran yang pasti pekerjaan apa saja yang tepat. Setelah itu sesuaikan dengan potensi anda. Melakukan pekerjaan yang anda sukai akan membuka peluang sukses yang lebih besar ketimbang anda menjalani pekerjaan karena terpaksa.

Sesuai kepribadian

Kepribadian anda bisa membantu anda dalam mencari pekerjaan yang lebih ideal. Misalnya, bila anda seorang yang supel, ramah, mudah bergaul, mungkin anda cocok dengan pekerjaan yang banyak berhubungan publik seperti marketing, humas, wartawan customer service dan lain-lain. Atau bila anda seorang yang tertutup, pemalu, anda akan merasa lebih aman mengerjakan pekerjaan di belakang meja seperti administrasi atau akunting.

Idealisme dan pola kerja

Setiap orang pasti mempunyai idealisme sendiri. Bagi anda yang mempunyai idealisme tinggi dan menyukai pola kerja bebas alias tidak dibatasi jam kerja, anda bisa memilih pekerjaan lapangan atau tim kreatif yang tak terbatasi jam kerja. Atau bahkan melakukan kerja lepas atau Freelance. Jika anda termasuk jenis seperti di atas jangan pernah memaksakan kerja dalam lingkungan kerja yang terpola dan terbatasi waktu apalagi deadline. Anda tidak akan enjoy dan buntutnya akan stres.

Daftar prioritas

Buatlah daftar prioritas pekerjaan idaman anda. Tuliskan hal-hal yang mendukung. Misalnya hobby, bakat, kelebihan, dan pendidikan serta hal-hal mendukung lainnya. Dengan demikian anda akan semakin memahami pekerjaan apa yang sangat anda inginkan saat ini.

Minta saran

Dengarkan dan pertimbangkan saran orang lain mengenai pekerjaan yang sesuai dengan anda. Biasanya orang lain lebih tahu hasil kerja anda daripada diri anda sendiri. Anda akan berpikiran bahwa selama ini telah bekerja baik, padahal orang lain menganggap kurang. Maka jangan lupa dengarkan saran dan pendapat mereka.

Nah apakah anda sudah mendapatkan jawaban, pekerjaan apa yang sesuai dengan anda? Jika sudah, jangan ragu untuk meraih pekerjaan idaman itu. Kalau anda masih berkutat dengan pekerjaan yang tidak anda sukai, mulailah untuk memburu pekerjaan idaman anda. Dan kalau anda sudah mendapatkan pekerjaan impian, kerjakan pekerjaan tersebut sepenuh hati. Dengan demikian anda akan lebih ‘enjoy’ dan ringan dalam bekerja. Sehingga anda pun akan lebih mudah meraih sukses.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: