jump to navigation

Saat Atasan Nggak Jujur Soal Uang August 31, 2009

Posted by forjulian in Karyawan, Lingkungan Kerja, Tindakan Atasan.
Tags: , , , , , , ,
trackback

Tidak tertutup kemungkinan seorang atasan atau pimpinan memiliki sifat kurang jujur atau terkesan tertutup terhadap bawahannya. Kalau tertutup untuk urusan pribadi atau diluar pekerjaan jelas itu adalah murni haknya. Tetapi yang menjadi masalah adalah jika atasan tertutup dalam hal keuangan yang seharusnya juga diketahui oleh bawahannya. Misalnya mengenai penerimaan dan profit perusahaan.

Ketidakterbukaan atasan seperti ini tentu saja akan menghambat kinerja staf dan bawahannya. Karena bagi divisi keuangan informasi keuangan sangatlah krusial. Jika posisi Anda dalam organisasi memang berhak mengetahui informasi keuangan ini, sementara Anda merasa atasan kurang jujur maka jangan diam saja. Coba ikuti beberapa tips di bawah ini:

Bicara empat mata dengan atasan atau orang yang paling berwenang

Jangan lupa, informasi keuangan merupakan hal yang confidential. Karena itu jika ingin menanyakan perihal keuangan, bicarakan langsung dengan atasan Anda. Jangan sekalipun membicarakannya terlebih dulu dengan orang lain, misalnya rekan sekerja apalagi dengan rekan di divisi lain. Dan jangan membicarakan prasangka yang belum jelas kebenarannya kepada mereka. Atasan akan lebih menghargai jika Anda dapat menjaga informasi perusahaan dengan baik.

Bertindak objektif

Setelah Anda memperoleh informasi akurat yang selengkap lengkapnya, bertindaklah dengan kepala dingin. Jangan biarkan emosi Anda mempengaruhi pemikiran, perkataan, dan tindakan Anda. Anda harus menjaga profesionalisme dan bersikap objektif. Tekankan hanya pada masalah pokok keuangan, jangan merembet ke masalah yang tidak ada hubungannya.

Ungkapkan perasaan Anda

Sampaikan bahwa anda hanya ingin memperoleh informasi yang sebenarnya. Tekankan dalam pembicaraan bahwa Anda hanya ingin meluruskan informasi dan ingin perusahaan dapat lebih terbuka pada karyawannya. Tentunya Anda juga berhak mengetahui kebijakan apa yang diambil oleh perusahaan. Apakah semua keuntungan akan digunakan untuk pengembangan usaha perusahaan. Atau akan dikembalikan kepada karyawan dalam bentuk peningkatan kesejahteraan? Semua ini merupakan keputusan manajemen yang berhak diketahui oleh karyawannya.

Sampaikan pemikiran anda secara terbuka

Jika Anda merasa dirugikan oleh kebijakan perusahaan, sampaikanlah pemikiran Anda dengan jelas dalam forum yang tertutup. Pastikan Anda mendapat informasi mengenai tindakan yang akan diambil oleh perusahaan berkenaan dengan hal ini.

Pikirkanlah dampaknya bagi perkembangan diri Anda sendiri.

Jika Anda merasa perusahaan tidakmemberikan apa yang merupakan hak Anda, ambilah keputusan. Apakah Anda akan menerimanya? Jika ya, konsekuensinya Anda harus dapat kembali bekerja seperti biasa dan tidak mengurangi kontribusi Anda pada perusahaan. Jika Anda tidak dapat menerimanya, disarankan agar Anda mencari pekerjaan di perusahaan yang lain, dimana Anda dapat kembali bekerja sepenuh hati. Sebelum mengambil keputusan, pertimbangkanlah untung ruginya bagi perkembangan diri Anda sendiri.

Jika Anda telah memutuskan, jagalah confidentiality semua informasi. Apapun yang menjadi keputusan Anda, semua informasi yang anda miliki merupakan hal yang confidential yang tidak layak diketahui oleh orang lain, meskipun itu rekan sekerja Anda. Selamat memutuskan…!

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: