jump to navigation

Sukses Bekerja di Antara Lelaki August 31, 2009

Posted by forjulian in Karyawan, Lingkungan Kerja, Prestasi Kerja, tips kerja, Wanita dan Pekerjaan.
Tags: , , , , , , , , ,
trackback

Apa enaknya sih bekerja di antara kaum pria? Enaknya, sebagai wanita anda akan mendapat prioritas dalam urusan perhatian. Mereka pun akan maklum jika anda tidak bisa melakukan pekerjaan berat yang mengandalkan fisik, misalnya mengangkat komputer, dll. Tapi yang perlu anda waspadai, pada dasarnya pria merasa memiliki hak yang lebih besar untuk mendapatkan hal-hal yang lebih baik dari wanita.

Para pria sangat memahami bagaimana caranya mencapai posisi yang lebih tinggi dari wanita. Mereka pun tahu cara-cara mengalahkan wanita. Memang, secara kultural, watak, gaya dan kemampuan antara pria dan wanita jelas berbeda. Ada beberapa hal yang menyebabkan pria lebih unggul dari wanita, lepas dari urusan fisik. Misalnya, pria lebih rasional dan realistis, lebih kompetitif, lebih berani, lebih inisiatif, dan lebih agresif.

Tapi bukan berarti wanita harus selalu kalah dari pria. Sebagai wanita yang hidup di era kecanggihan teknologi saat ini, anda lebih leluasa memperbaiki posisi dan mengejar karir yang tinggi. Namun, sebagai wanita anda tetap harus hati-hati. Jika ingin sukses bekerja di antara pria coba deh taati peraturan tak tertulis ini:

Jangan menarik perhatian secara murahan

Secara fisik, wanita memang menarik. Tetapi akan lebih menarik lagi jika dibarengi dengan kecerdasan dan wawasan yang luas. Ini penting untuk mencapai sukses di bidang anda. Berhentilah menarik perhatian bos dan rekan-rekan dengan cara-cara murahan dan negatif. Misalnya dengan memakai rok super mini dan ketat, dandanan super tebal, dan bicara kelewat manja atau mendesah. Karena jika anda sukses, anda akan dituduh telah memanfaatkan ‘daya tarik’ anda.

Berhenti mengeluh

Para pria tidak suka mendengarkan aneka keluhan dari mulut wanita. Bagi pria, hal tersebut hanya membuang-buang waktu. So, jika ada masalah jangan mengeluh. Anda harus pandai mengutarakan masalah tanpa nada mengeluh. Ingat pria-pria lebih suka mendiskusikan masalah sambil mencari solusinya daripada mengeluhkannya.

Jangan bergosip

Walau wanita identik hobi gosip, tetapi jangan menjadikan diri anda sebagai sosok biang gosip di antara mereka. Jangan menyampaikan informasi yang belum jelas kebenarannya. Dan jangan membicarakan hal negatif tentang si A atau si B. Jangan sampai informasi yang anda sebarkan mempengaruhi stabilitas di kantor. Kalau anda melakukannya reputasi dan kredibilitas anda akan hancur.

Jangan bicarakan masalah pribadi

Jangan banyak menceritakan kehidupan pribadi pada pria. Apalagi seputar urusan rumah tangga. Para pria sering beranggapan, wanita cenderung tidak profesional di kantor, dan mencapuradukkan urusan pribadi dengan pekerjaan. Untuk menghindari anggapan tersebut, tahan keinginan anda untuk menceritakan masalah pribadi. Seandainya anda sudah tak tahan, selektiflah memilih teman cerita. Usahakan hanya bercerita pada teman wanita yang cukup dekat dengan anda.

Jangan menangis

Jangan sekalipun anda menangis di hadapan pria, seberat apapun masalah anda. Tangisan anda di kantor tidak akan menyentuh hati pria melainkan anda akan dianggap cengeng, nggak kuat mental, dan nggak profesional.

Tunjukkan kelebihan anda

Tampilkan kelebihan anda, tentu saja bukan kelebihan secara fisik.Melainkan kelebihan dalam hal kinerja. Manfaatkan kelebihan wanita seperti lebih teliti, tekun, dan rajin dalam bekerja. Jangan ragu mengungkapkan ide-ide cemerlang yang anda miliki pada bos. Dan jangan takut mengeksploitasi semua potensi anda.

Pada intinya, anda harus tampil sebagai sosok yang kuat, cerdas, dan berwibawa di hadapan kaum pria. Jika anda konsisten mentaati peraturan tak tertulis tersebut, anda dapat bersaing sekaligus bekerja sama dengan mereka tanpa hambatan. Berarti anda pun siap menyongsong kesuksesan…!

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: