jump to navigation

Taktik Bersaing dan Bertahan di Kantor August 31, 2009

Posted by forjulian in Artikel lama tapi oke, Karyawan, Prestasi Kerja, tips kerja.
Tags: , , , ,
trackback

Persaingan di lingkungan kerja memang sangat ketat. Siapa yang tak mampu bersaing ia akan tertinggal. Nah menghadapi lingkungan kerja yang kompetitif anda harus punya strategi agar bisa bertahan sekaligus mencapai tangga karir yang diinginkan. Berikut ini strateginya:

Kumpulkan informasi

Informasi memang menjadi salah satu sumber yang paling efektif dalam memperlancar karir anda. Maka dalam setiap kesempatan carilah berbagai informasi yang dapat menunjang karir anda. Begitu juga jika anda punya informasi, beritahukan orang-orang yang membutuhkannya. Tukar menukar info ini nggak musti melalui pertemuan-pertemuan resmi. Tapi bisa juga di meja makan ataupun acara bergosip menunggu pulang kantor. Asal nggak menggangu jadwal kerja oke-oke aja kan?

Dekati anak kesayangan bos

Jangan sirik dan memusuhi anak kesayangan bos. Kalau anda memusuhi anak kesayangannya dan bos tahu, karir anda bisa terhambat.

Lebih baik dekati anak kesayangan bos dan conteklah strateginya kenapa bisa disayang bos. Siapa tahu cara ini bermanfaat biar karir anda mulus.

Ikuti pertemuan penting

Semakin sering anda mengikuti rapat dengan para manajer, semakin besar kemungkinan anda untuk dikenal oleh kalangan ‘atas’. Itu berarti semakin besar pula kemungkinan untuk menaikkan nilai kredit dan membuat kamu di pandang sebagai orang yang potensial dan berkualitas. Berarti jalan anda untuk naik jabatan pun semakin terbuka lebar.

Ucapkan terima kasih

Ucapan terima kasih kedengarannya memang sepele. Tapi makna yang tertinggal di balik itu semua sangat mendalam. Coba aja kamu ucapkan kata sakti ‘terima kasih’ pada siapa saja yang telah memberikan bantuan pada anda. Cara ini akan membuat anda diingat orang. Lagipula mengucapkan terima kasih saat menerima bantuan orang lain merupakan etika dasar dalam pergaulan.

Rajin sosialisasi

Kemampuan anda dalam bersosialisasi akan sangat membantu anda bertahan sekaligus meningkatkan karir. Maka jangan ragu untuk membina hubungan baik dengan rekan-rekan sekerja, bos dan orang-orang di lingkungan anda. Percaya deh, sosialisasi ini akan membuat anda dikenal lingkungan kerja dan berpengaruh pada meningkatnya karir anda.

Sudahkah anda melakukan strategi tersebut? Kalau anda merasa karir anda biasa-biasa aja atau bahkan cenderung mentok, coba aja strategi itu. Jangan lupa asah dan tingkatkan ketrampilan anda. Semoga sukses…!

Comments»

1. Inspirasi Solusi Bisnis - February 16, 2010

Wah artikel anda tersebut menarik dan inspiratif.

Seringkali profeional pekerja hanya bertumpu pada peningkaan kompetensi hard skill yang diperlukan dan mengabaikan peningkatan soft skill sebagaimana yang anda uraikan.

Saya termasuk salah satu yang pernah mengabaikan soft skill tersebut sehingga sering jengkel manakala ada kolega yang kemampuan hard skill-nya pas-pas an akhirnya yang di promosi.

Ada yang salah mengerti tentang model pendekatan ini, katanya disebut penjilat…namun kalau diimbangi kompetensi hard skill yang bagus dan proven maka saya menyebutkan sebagai “aktivitas merebut peluang”

Salam Sukses


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: