jump to navigation

Teknik Cepat Negosiasi August 31, 2009

Posted by forjulian in Karyawan, kerja tim, tips kerja.
Tags: , ,
trackback

Dalam dunia kerja, Anda memang tidak terlepas dari negosiasi. Baik negosiasi gaji, tugas, proyek dengan klien, dll. Tapi tidak semua orang loh memiliki kemampuan negosiasi yang baik. Diperlukan pengetahuan dan kecakapan tersendiri agar Anda memiliki kemampuan negosiasi yang memadai.

Di bawah ini adalah prinsip yang dapat membantu Anda meningkatkan dan menguatkan kemampuan negosiasi.

Fokuskan pada keuntungan kedua belah pihak. Artinya bagaimana Anda dan pihak lawan tidak saling dirugikan. Fokuskan diri pada bagaimana Anda dan pihak lawan bisa menang. Di sini Anda harus melupakan tentang bagaimana menjatuhkan lawan. Sebaiknya Anda harus berpikir bijak dengan cara mencari solusi yang menguntungkan kedua belah pihak.

Tetap berpatokan pada keinginan Anda. Tetaplah fokus pada tujuan negosiasi Anda, jangan terpengaruh oleh trik-trik yang dilancarkan lawan sehingga mempengaruhi tujuan semula. Fokuslah pada pemecahan masalah dan jangan libatkan emosi dalam negosiasi Anda. Karena emosi membuat Anda tidak objektif dan konsentrasi.

Ketahuilah gaya negosiasi orang yang Anda ajak negosiasi. Jika dia seorang yang humoris, nggak ada salahnya Anda selipkan humor dalam negosiasi Anda. Tetapi sebaliknya jika ia seorang yang serius, bersikaplah serius juga. Hal ini akan memudahkan Anda dalam menghadapi dan menyelesaikan proses negosiasi dengannya.

Fokuslah pada tujuan. Memang tujuan itu berbeda-beda. Namun ini adalah saat yang tepat menyatukan perbedaan tujuan tersebut menjadi sebuah jalan yangmenguntungkan kedua belah pihak. Memikirkan posisi hanya akan mengganggu proses negosiasi.

Jangan mudah tergiur oleh hal-hal yang Anda sukai saat negosiasi. Misalnya, pihak lawan menawarkan sesuatu yang Anda suka tetapi di sisi lain bisa merugikan Anda. Jangan langsung mengiyakan jika Anda ditawari sesuatu saat negosiasi.

Dengarkan negosiasi yang ditawarkan dan ajukan pertanyaan untuk setiap point yang belum jelas. Sehingga Anda akan menemukan kesepakatan yang lebih baik dari kemungkinan yang sebelumnya Anda pikirkan.

Nah mulai sekarang, asahlah kemampuan negosiasi Anda. Bagi yang merasa belum memiliki kemampuan ini, latihlah dari sekarang. Percaya deh, kepiawaian Anda dalam bernegosiasi akan sangat menunjang karir Anda. Selamat bernegosiasi..!

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: