jump to navigation

Ubah Khawatir Menjadi Energi Positif August 31, 2009

Posted by forjulian in Artikel lama tapi oke, Karyawan, tips kerja.
Tags: , , , ,
trackback

Wajar jika terkadang anda diliputi berbagai kekhawatiran di kantor. Khawatir dipecat, khawatir kehilangan proyek penting, khawatir dimarahi bos, khawatir tidak bisa menyelesaikan pekerjaan, dsb. Setiap manusia hidup memang tak lepas dari kekhawatiran. Apalagi bekerja dalam kondisi yang tidak menentu, anda dituntut untuk selalu siap menghadapi kemungkinan terburuk.

Tapi rasa khawatir yang berlebihan bisa merugikan diri sendiri. Anda akan menjadi pribadi yang negative thinking dan pesimis menghadapi hidup. Rasa pede anda pun akan melorot drastis. Kalau dibiarkan bisa berabe kan? Anda tidak akan mencapai hasil kerja yang maksimal.

Sebenarnya rasa khawatir itu bisa anda rubah menjadi energi positif jika anda mampu mengatasi rasa kekhawatiran tersebut. Simak deh langkah-langkahnya:

– Identifikasi kekhawatiran dan ketakutan anda. Kemudian tuliskan alasan-alasan yang membuat anda khawatir. Perhatikan baik-baik apakah alasan itu cukup masuk akal atau tidak. Cobalah berpikir obyektif tentang kekhawatiran anda. Sehingga anda dapat menilai apakah kekhawatiran anda merupakan suatu kewajaran atau tidak beralasan sama sekali.

– Setelah anda mengidentifikasi kekhawatiran anda, segera ubahlah kekhawatiran itu menjadi menjadi sebuah energi. Ketimbang memikirkan berbagai macam kekhawatiran, buatlah sebuah rencana yang lebih bermakna dalam hidup anda. Misalnya jika anda khawatir salah bicara dalam meeting, mulailah berpikir bagaimana agar anda tidak grogi dan salah bicara saat meeting. Jika anda khawatir dipecat, bekerjalah sebaik-baiknya dan tunjukkan kualitas anda pada bos, rekan-rekan serta manajemen.

– Tetaplah berpegang pada rencana atau tujuan yang ingin anda capai. Setiap ingin melakukan sesuatu pastikan sesuai dengan rencana anda. Dan cobalah untuk selalu tenang saat anda melaksanakan seluruh aspek rencana anda. Jangan bebani pikiran anda dengan ‘takut salah’. Hal ini hanya akan membuat anda tertekan. Bebaskan pikiran anda dari semua kekhawatiran dan rasa takut. Hingga anda bisa mengerjakan segala sesuatunya dengan enjoy.

– Seandainya anda melakukan kesalahan, jangan menyesali berlarut-larut. Jadikan sebagai pelajaran dan pencetus semangat untuk melakukan yang lebih baik. Bukankah tak ada manusia yg tak luput dari kesalahan? So, jika anda salah, maafkan kesalahan anda kemudian rancang rencana yang lebih baik untuk mencapai tujuan anda.

Nah sekarang nggak perlu khawatir lagi kan? Hadapi dan lawan rasa khawatir anda. Jangan takut mengambil langkah dan membuat keputusan terbaik demi kelangsungan karir dan masa depan anda. Selamat mengusir rasa khawatir anda…!

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: