jump to navigation

Mengenali Penyakit Kantoran dan Solusinya September 2, 2009

Posted by forjulian in Karyawan, Lingkungan Kerja, Prestasi Kerja, tips kerja.
Tags: , , , , , , , , , ,
trackback

Bekerja seharian di kantor, sejak pagi hingga sore atau bahkan sampai malam sudah menjadi bagian dari gaya atau tuntutan hidup masa kini. Kebutuhan dan tuntutan hidup yang semakin tinggi serta beban kerja yang cukup berat, membuat pola kerja keras menjadi fenomena yang tak terelakkan, terutama di setiap penjuru di kota-kota besar.

Sayangnya, pola kerja keras itu seringkali tidak diimbangi dengan pola hidup yang sehat. Akhirnya, tubuhpun semakin rentan penyakit. Tanpa disadari berbagai penyakit hinggap di tubuh anda tanpa permisi. Sehingga semakin lama kondisi tubuh semakin lemah. Mengerikan ya? Nah anda nggak mau kan mengalami hal itu? So, sebelum terlanjur, anda harus mencegahnya. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati? Nah untuk mencegahnya, simak deh beberapa penyakit yang umum menyerang pekerja kantoran di bawah ini beserta solusinya:

Stres

Penyakit yang satu ini pernah diderita nyaris oleh semua pekerja. Dikejar deadline, pertemuan dengan klien, presentasi, meeting, dsb merupakan beberapa hal yang kerap memicu stres. Lebih jauh, dampak stres berakibat pada menurunnya kondisi tubuh, seperti sakit kepala, migrain, alergi, dll. Secara psikologis stres dapat menyebabkan anda insomnia, pemurung, dan sulit konsentrasi.

*Solusi
Untuk mengatasi sekaligus menghindari stres, lakukan hal-hal yang dapat membuat anda rileks setelah seharian bekerja. Misalnya berjalan santai, nonton film, atau sekedar ngobrol dengan sohib. Jika tiba-tiba dilanda stres saat bekerja di kantor, berhentilah sejenak. Keluarlah dari ruangan dan hiruplah udara segar di luar ruangan. Seminggu sekali lakukan aktivitas olahraga misalnya berenang, jogging, atau bersepeda. Yoga dan meditasi bisa juga menjadi alternatif untuk mencegah stres.

Gangguan pencernaan

Jenis penyakit ini termasuk maag, radang usus dan lambung, bisa menyerang siapa saja, termasuk para pekerja kantoran. Banyaknya pekerjaan seringkali menyebabkan anda malas beranjak dari meja anda. Akibatnya anda mengorbankan waktu makan. Nggak jarang, anda makan sekedar ‘mengganjal’ perut dengan jenis makanan seadanya, itu pun dengan waktu yang sudah terlambat dari jadwal makan semestinya. Akibatnya perut terasa kembung, mual bahkan anda bisa terkena diare. Kalau pola makan anda begini terus anda bisa terserang gangguan pencernaan yang cukup kronis loh.

*Solusi
Sesibuk-sibuknya anda, cobalah untuk mengkonsumsi makanan jika sudah tiba waktu makan. Jangan menunggu sampai perut anda lapar berat. Makan di luar ruangan diyakini membuat anda anda lebih rileks ketimbang makan di atas meja di depan komputer. Konsumsilah makanan dengan gizi seimbang, terutama yang banyak mengandung serat dan mudah dicerna oleh tubuh. Selain itu minumlah air putih minimal 8 gelas sehari. Minum yang cukup, akan membantu proses pencernaan di dalam tubuh. Lagipula kurang air bisa bikin kulit kering dan kusam.

Sakit punggung

Duduk terlalu lama di depan komputer dengan sikap tubuh yang tidak tepat, misalnya terlalu membungkuk atau terlalu tegang dapat membuat anda menderita sakit punggung.

*Solusi
Perbaiki sikap duduk anda dari sekarang. Jangan terlalu tegang tetapi juga jangan terlalu sering bersandar pada kursi. Ingat, sikap duduk bisa mempengaruhi postur tubuh anda. Jika punggung terasa pegal, lakukan peregangan untuk melemaskan otot-otot anda.

Gangguan mata

Pekerjaan yang menumpuk membuat anda seharian melototin komputer. Akibatnya mata terasa pedih, berair, dan pandangan mengabur. Dampak lebih jauh kepala terasa sakit, leher dan bahu pun terasa nyeri.

*Solusi
Jangan terpaku pada komputer. Sesekali alihkan pandangan anda pada objek lain selama beberapa saat. Atau saat mata anda lelah, pejamkan mata anda kuat-kuat kemudian bukalah mata anda lebar-lebar. Lebih baik lagi sediakan obat tetes mata yang cukup aman di laci anda. Saat pandangan mata anda mengabur, teteskan obat mata secukupnya untuk mengembalikan kesegaran pandangan mata anda.

Apakah anda termasuk penderita salah satu penyakit di atas? Kalau ya, jangan diem aja, segera atasi masalah anda. Atau jika belum, lakukan pencegahannya. Ingat, penyakit kantoran tidak terbatas pada hal-hal di atas. Gangguan ginjal, gangguan kulit, dan wasir juga termasuk penyakit yang dipicu oleh gaya hidup kantoran. Nah mulai sekarang, anda harus menjaga kesehatan anda. Paling tidak anda harus menjalani pola hidup seimbang, yaitu bekerja tanpa mengabaikan kesehatan. Bukankah jika anda sehat aktivitas pun lancar..?

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: