jump to navigation

Siap-siap Menyambut Berita PHK! September 2, 2009

Posted by forjulian in Karyawan, Prestasi Kerja, tips kerja.
Tags: , , ,
trackback

Dipecat? Hii..! Memang, pemecatan masih merupakan hal yang menakutkan bagi banyak karyawan. Terlebih di situasi sulit saat ini, mendapatkan pekerjaan baru bukan perkara gampang. Kalau lagi sial setelah diPHK atau dipecat bisa tahunan nggak dapet kerja. Akhirnya uang pesangon lama-lama semakin menipis dan habis..!

Nah, jika anda mulai merasakan gejala-gejala yang tidak beres dan bakal ada PHK di kantor anda, nggak perlu stres-stres amat. Ingat, hidup ini bergulir terus, terlepas anda akan diPHK atau tidak. Kalau anda mulai merasakan gelagat bahwa anda akan segera diberhentikan dengan hormat, nggak usah sedih berlarut-larut. Lebih baik anda bersiap-siap menyambut datangnya PHK. Hal-hal berikut dapat menolong anda agar lebih siap menyongsong berita pemecatan:

Jangan panik

Ketika anda menerima amplop berisi surat pemecatan, jangan emosi. Tariklah nafas dalam-dalam, hayati isinya dan sadarlah bahwa anda sudah tidak menjadi karyawan di perusahaan yang selama ini anda banggakan. Jangan sedih, ingat anda bukan satu-satunya orang yang mengalami nasib buruk ini. Statistik pekerjaan yang paling mutakhir menunjukkan bahwa klaim adanya penganggur baru terus meningkat sejak tahun 1992. Tapi, di balik berita nggak enak itu ada berita baik, bahwa terdapat jumlah yang sama dari mereka yang mendapat pekerjaan baru dengan mereka yang kehilangan. Nah, selalu ada harapan kan?

Persiapkan diri negosiasi pesangon

Menegosiasikan uang pesangon merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan para korban PHK. Coba buat perhitungan, berapa lama masa kerja anda, gaji anda perbulan, ditambah tunjangan, cuti yang belum anda ambil, dan bukalah catatan prestasi anda. Cara ini akan memberikan anda gambaran berapa kira-kira jumlah yang layak anda terima. Kalau anda masih bingung, konsultasikan pada orang yang memahami masalah ketenagakerjaan.

Evaluasi pengeluaran anda

Hindari pengeluaran yang tidak penting. Perketat belanja-belanja yang bersifat kesenangan semata. Bersikaplah lebih prihatin selama pekerjaan baru belum anda raih. Atau bicaralah dengan konsultan investasi. Cobalah untuk menyusun investasi anda, sehingga akan tersedia penghasilan bagi anda selama anda masih menganggur.

Siapkan resume

Daripada menyesali nasib, pikirkan langkah ke depan. Cobalah untuk menentukan tipe pekerjaan dan tipe perusahaan yang sesuai visi anda. Kemudian persiapkan resume dan CV anda. Jangan lelah mencari. Kalau anda gigih, nasib baik akan menghampiri anda. Selama belum dapet kerja, perluas wawasan anda dengan membaca buku-buku tentang networking, dunia usaha, karir, negosiasi, dll.

Buatlah daftar rekan-rekan yang anda kenal

Buatlah daftar orang-orang yang anda kenal, mulai dari yang paling anda kenal dengan baik. Misalnya saja, teman, mantan rekan kerja, orang-orang di assosiasi atau klub, dan lain sebagainya. Dapatkan salinan daftar perusahaan, bawa pulang, dan tambahkan nama orang-orang penting ke dalam daftar tersebut.

Atur pertemuan dengan orang-orang dalam daftar anda

Menjalin hubungan atau kerja sama sangat penting untuk menemukan pekerjaan yang anda inginkan. Hal ini lebih mudah anda lakukan daripada ketika anda masih bekerja. Cobalah menjadwalkan sarapan pagi, santap siang, pertemuan-pertemuan di malam hari dengan mereka yang berpeluang memberi informasi pekerjaan. Dapatkan nasihat-nasihat dari mereka dan biarkan mereka mengetahui bahwa anda tertarik terhadap kesempatan-kesempatan yang lain.

Tambah ketrampilan dan keahlian

Selama pekerjaan itu belum kunjung anda dapatkan, nggak ada salahnya anda menambah atau meningkatkan keahlian dengan mengikuti kursus-kursus. Jika ketrampilan bahasa asing anda masih kurang, ikuti kursus tersebut. Jika anda merasa perlu mempertajam pengetahuan tentang internet, ikuti kursusnya, dst.

Bagaimana? Sekarang nggak perlu takut lagi kan dengan berita PHK? Yakin deh, jika anda punya keahlian, gigih mencari peluang, dan tak kenal putus asa, bukan tak mungkin anda akan mendapatkan pekerjaan yang lebih oke. Yang penting, selama keputusan PHK itu belum benar-benar anda terima, tetaplah bekerja seperti biasa. Jangan kehilangan semangat dan motivasi untuk menghasilkan yang terbaik. Good luck..!

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: