jump to navigation

Kenali 4E Bagi Pemimpin September 3, 2009

Posted by forjulian in artikel dunia kerja, Lingkungan Kerja, Perusahaan, Tindakan Atasan, tips kerja.
Tags: , , , , , ,
trackback

Pemimpin jaman sekarang harus memiliki 4E yaitu Energy, Energizer, Edge, dan execute. Apa sih artinya? Jika anda pemimpin, 4E ini bisa diibaratkan anda memegang sebungkus pupuk di tangan kanan, sebotol air di tangan kiri, dan karyawan anda adalah tanaman. Tugas anda adalah menyiram dan memupuki tanaman itu agar terus berkembang. Dan jika tidak berkembang, anda harus berusaha membuat tanaman itu berkembang. Selengkapnya, coba anda simak:

Energy

Pemimpin harus memiliki energi yang cukup agar bisa melaksanakan segala aktivitasnya. Hal ini merupakan modal utama loh. Dengan energi pula anda bisa mengeluarkan ide-ide dan gagasan yang inovatif untuk mengembangkan divisi anda.

Energizer

Selain harus memiliki energi untuk pribadi, seorang pemimpin dituntut untuk bisa membangkitkan energi dan semangat anak buah untuk mencapai tujuan perusahaan. Sungguh ironis jika anda pemimpin yang hebat tetapi tidak mampu membangkitkan semangat anak buahnya sendiri. Ingat, pemimpin yang hebat adalah pemimpin yang mampu menggiring anak buahnya mencapai sukses bersama-sama.

Edge

Sekalipun anda sedang menghadapi persoalan yang kritis, anda harus cepat mengambil tindakan dan keputusan. Ibaratnya, meski anda sudah berada di tepi jurang anda harus bisa mengambil jalan yang terbaik demi keselamatan bersama. Keputusan tegas yang anda ambil di saat-saat kritis merupakan hal penting bagi anak buah. Anda tidak bisa bermain-main dengan kata ‘mungkin’, ‘kita lihat saja nanti!’. Anda harus berani mengambil risiko, apapun keputusan anda. It’s all about moving.

Execute

Anda punya energi, anda bisa membangkitkan energi orang lain dan anda mampu mengambil keputusan secara cepat, tetapi keputusan itu harus membuahkan hasil. You’ve got to close the loop. Setelah keputusan ditetapkan, anda harus berani mengambil tindakan selanjutnya. Karena keputusan tanpa tindakan tidak akan berdampak apa-apa bagi kemajuan anda dan anak buah.

Bagi anda para pemimpin, apakah anda sudah memiliki 4E tersebut? Jika belum, nggak ada kata terlambat. Segeralah menjadi seorang pemimpin dengan kualitas 4E. Percaya deh anda pasti menjadi pemimpin yang lebih oke. Selamat mencoba!

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: