jump to navigation

Kurangi Ketegangan Dengan Relaksasi September 3, 2009

Posted by forjulian in artikel dunia kerja, Karyawan, tips kerja.
Tags: , , , , , ,
trackback

Situasi dan kondisi yang cukup sibuk di kantor tak jarang membuat anda tegang. Di kejar deadline, dimarahi bos, atau dikomplain konsumen merupakan beberapa contoh yang menyebabkan otak dan otot anda tegang di kantor. Dalam keadaan yang tegang sebenarnya anda tidak bisa memaksakan diri untuk terus bekerja. Karena hasil kerja anda tidak akan maksimal.

Untuk itu anda harus menghilangkan atau paling tidak mengurangi ketegangan anda terlebih dahulu, kemudian melanjutkan pekerjaan kembali. Perlu anda ketahui, salah satu obat yang paling ampuh untuk mengurangi ketegangan adalah istirahat sejenak. Walau cuma dalam hitungan menit, istirahat ini harus efektif. Maksudnya, istirahat singkat yang anda lakukan tersebut harus mampu mengendorkan urat-urat saraf yang tegang. Nah untuk menciptakan istirahat singkat yang efektif anda harus melakukan relaksasi saat istirahat. Coba simak caranya:

– Lepaskan diri dari aktivitas kerja sama sekali. Jangan menyentuh pekerjaan, cobalah untuk rileks sepenuhnya baik secara fisik maupun mental. Keluar ruangan bisa menjadi alternatif anda untuk istirahat sejenak. Pilihlah lokasi di lingkungan kantor, yang cukup nyaman untuk menenangkan diri. Jika anda tidak mau keluar ruangan duduklah bersandar pada kursi kerja anda dengan posisi yang senyaman mungkin. Lepaskan sepatu anda dan tanggalkan blazer atau jas anda. Biarkan diri anda dalam keadaan yang sangat rileks.

– Pejamkan mata anda rapat-rapat dan bayangkanlah anda tengah berada di tepi pantai atau di tepi sungai dengan pemandangan gunung yang indah. Atau bayangkanlah hal-hal menyenangkan lainnya. Misalnya bayangkan saat itu anda tengah berkebun, memasak, atau bercanda dengan anak-anak anda. Untuk sekian menit atau detik, kosongkan benak anda dari semua beban pikiran.

– Lemaskan semua anggota tubuh secara perlahan-lahan. Tariklah nafas dalam-dalam. Kemudian lakukan gerakan ringan untuk mengendorkan otot-otot anda. Misalnya menggerakan kepala ke kiri dan kanan, menggerakkan tangan, dan memutar tubuh ke kiri kanan. Lakukan senam wajah dengan menggerakkan bibir anda kemudian belalakkan mata. Joging ringan di tempat bisa juga anda lakukan.

– Tetaplah rileks sepenuhnya selama lima belas menit atau lebih, sesuai dengan keinginan anda. Ingat kunci untuk melakukan latihan ini adalah relaksasi fisik secara total dan mengosongkan benak anda dari semua pikiran mengenai berbagai masalah dan kesulitan yang tengah anda hadapi.

– Minumlah seteguk air putih untuk menambah kesegaran anda. Saat anda merasa ketegangan telah berkurang atau bahkan hilang, tariklah nafas dalam-dalam sekali lagi dan mulailah kembali bekerja. Ulangi hal tadi saat anda dilanda ketegangan.

Asal tahu saja, menurut penuturan sekelompok peneliti media Universitas Harvard, relaksasi selama bekerja bisa meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh sekaligus kepuasan kerja. Karena relaksasi yang dilakukan saat anda beristirahat, akan menurunkan tekanan darah anda yang meningkat saat anda tegang. Hal ini berpotensi besar untuk mengurangi sakit kepala, sakit punggung, dan sakit lain yang ditimbulkan oleh ketegangan.

Kondisi tersebut dapat meningkatkan kemampuan dan konsentrasi kerja secara lebih baik. Nah anda yang lagi tegang di kantor, nggak ada salahnya tuh mencoba…!

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: