jump to navigation

Keuntungan Mengendalikan Emosi September 4, 2009

Posted by forjulian in artikel dunia kerja, Karyawan, tips kerja.
Tags: , , , , ,
trackback

Kerjaan menumpuk, dikejar deadline, ditambah lagi dengan berbagai urusan pribadi, merupakan penyebab emosi anda tak terkendali. Berbagai persoalan tersebut membuat kepala anda seperti dihantam oleh palu godam yang maha berat. Ujung-ujungnya anda mau teriak, marah, menangis, atau bahkan mengamuk.

Tapi tahukah anda? Emosi yang tak terkendali hanya akan merugikan diri sendiri. Selain menyebabkan energi anda terkuras, anda akan dicap tidak kuat mental dan tidak dewasa. Makanya jika anda digelayuti berbagai masalah, jangan hanyut dalam emosi. Lebih baik anda coba tenangkan diri dengan menarik nafas dalam-dalam. Dan berpikirlah lebih rileks! Emang nggak mudah sih, tapi kalau pandai mengelola dan mengendalikan emosi, anda akan merasakan manfaatnya loh, apa aja sih..?

Orang-orang yang terlatih mengendalikan emosi umumnya tidak pernah panik dalam menghadapi situasi apapun. Hal ini tentu cukup mempengaruhi kualitas kerja anda. Karena jika anda bekerja dalam keadaan emosi yang tidak stabil membuka peluang besar untuk melakukan kesalahan fatal.

yang terkendali dengan baik, dapat meningkatkan rasa pede anda. Dengan emosi yang terjaga, anda lebih mudah melakukan tugas apapun dengan lebih baik. Anda yakin apapun yang akan anda hadapi dapat anda selesaikan semaksimal mungkin. Hal ini secara otomatis akan menambah rasa percaya diri anda. Dan tentu saja hal ini sangat diperlukan dalam dunia kerja bukan?

Perlu anda ketahui, emosi yang berlebihan akan menguras nyaris seluruh energi anda, lebih dari kegiatan fisik yang anda lakukan. Karena emosi umumnya membuat pikiran anda meledak-ledak dan tanpa disadari membuat gerakan anda tak terkendali. Nah emosi yang terkendali akan menghemat energi anda. Sehingga anda tidak mudah lelah dan selalu siap dengan aktivitas sehari-hari.

Hal yang sangat menguntungkan, jika anda pandai mengelola dan mengendalikan emosi, anda akan lebih sehat baik fisik maupun mental. Coba aja lihat, orang-orang yang sering dilanda emosi banyak dihinggapi penyakit. Selain penyakit mental seperti stres dan depresi, mereka juga dijangkiti penyakit fisik yang cukup berat seperti hipertensi, alergi, maag, migrain, dll. Nah kalau anda terlatih mengendalikan emosi, stres dan segala macam penyakit ini akan menjauh dari kehidupan anda. Pikiran dan fisik anda pun lebih sehat. Lagipula kesehatan sangat penting kan untuk membangun karir?

Dengan segala keuntungan mengendalikan emosi, dengan sendirinya akan melancarkan segala aktivitas anda. Baik aktivitas pribadi maupun karir. So, mulai sekarang coba deh belajar mengendalikan emosi..!

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: