jump to navigation

Hargai Juga Waktu untuk Istirahat! September 7, 2009

Posted by forjulian in artikel dunia kerja, Karyawan, Prestasi Kerja, tips dan trik kerja, tips kerja.
Tags: , , , , , ,
trackback

Sibuk kerja dan lupa waktu merupakan fenomena umum bagi kalangan profesional di kota-kota besar. Bahkan banyak yang membuat pengakuan sangat menikmati kesibukannya. Padahal di balik pengakuannya tersebut, sesungguhnya orang-orang sibuk juga mendambakan waktu istirahat. Mereka mendambakan waktu dimana mereka bisa membebaskan diri segala macam tetek bengek pekerjaan.

Tapi tahukah anda? Salah satu kesalahan banyak pekerja keras, adalah ‘melupakan istirahat’. Padahal istirahat sedemikian penting untuk mengendorkan urat-urat syaraf anda yang tegang saat menyelesaikan pekerjaan. Tapi pada kenyataannya para executive muda dengan segudang kesibukan lebih senang melupakan istirahat daripada meninggalkan pekerjaannya sejenak. Mereka seakan bangga dan bahagia dengan kesibukannya yang padat.

Mereka yang tidak suka istirahat umumnya penuh ambisi dalam mengejar karir. Apalagi selama ini kesuksesan karir juga diikuti kemajuan materi. Karena itu mereka cenderung menganggap bahwa istirahat hanya membuang-buang waktu dan mengurangi jatah mencari duit. Bahkan mereka seringkali berpikir bahwa mengambil cuti saat karir tengah menanjak adalah hal yang tabu dan pantang dilakukan.

Padahal pikiran semacam ini adalah pikiran yang salah besar. Pasalnya, para CEO di seluruh dunia yang kesibukannya begitu padat, ternyata selalu mengambil cuti dua minggu selama setahun. Seminggu pertama untuk melakukan kegiatan yang benar-benar santai. Seminggu berikutnya suka-suka mereka, bisa mikirin kerjaan sambil santai, bisa juga mencari ide untuk memajukan perusahaan mereka. Tapi karena dalam suasana cuti, tentu semuanya dilakukan dengan rileks. Bahkan kadang saat tengah berjemur di tepi pantai, mereka tiba-tiba saja mendapat perspektif baru dan ide-ide segar.

Jadi, seberapapun sibuknya anda dan sebagaimanapun banyaknya pekerjaan, anda tetap butuh istirahat. Karena siapapun mengerti bahwa istirahat berfungsi mengembalikan kesegaran otak anda dan mengendorkan urat-urat syaraf anda yang kaku karena bekerja. Terlalu keras bekerja tanpa sempat beristirahat akan menyebabkan kesehatan menurun. Apalagi jika anda sampai nggak sempet makan dan tidur. Wah bisa bikin penyakit parah tuh. Karena sekuat-kuatnya, tubuh anda tidak bisa menolak dari hukum alam yaitu butuh makan, minum, dan istirahat. Dan seberapapun jeniusnya anda, otak anda pun tetap membutuhkan waktu untuk cooling down.

Karena itu, di sela-sela kesibukan anda, jadwalkan waktu break. Paling tidak jika anda sangat sibuk, hilangkan kepenatan anda dalam beberapa menit. Cobalah untuk keluar ruangan sejenak dan hirup udara yang lebih segar. Saat di rumah, mulailah beristirahat secara teratur dengan pergi tidur pada jam-jam tertentu.

Ingat, tidur merupakan jenis istirahat yang paling penting dalam kehidupan anda. Tidur yang tidak nyenyak membuat istirahat anda tidak optimal. Karena itu ciptakan asmofir yang paling nyaman saat anda tidur. Jangan memasang penerangan yang menyilaukan karena akan mempengaruhi proses kimiawi dalam otak. Pastikan tidak ada suara-suara yang mengganggu saat anda pergi tidur. Dan gunakan pakaian yang nyaman untuk tidur. Tidur yang nyenyak akan membuat tubuh anda lebih segar saat terjaga esok hari. Anda pun dapat melaksanakan aktivitas tanpa terganggu oleh kondisi tubuh yang penat.

Kemudian, jadwalkan waktu cuti dalam setahun. Rencanakan kunjungan ke tempat yang menyenangkan untuk menghabiskan masa cuti anda. Rencanakan pula kegiatan santai yang tidak sempat anda lakukan karena kesibukan. Misalnya berolahraga, memasak, surfing di laut, atau berkebun. Percaya deh usai cuti tubuh dan pikiran anda akan lebih fit.

Nah anda yang sibuk berat, jangan lupain istirahat deh. Karena pekerja yang cerdas bukan cuma tahu kapan saatnya bekerja tetapi juga tahu kapan saatnya harus beristirahat. Selamat beristirahat..!

Comments»

1. mardas - February 8, 2010

ok tuh … buat bos yang gak pernah cuti … makasih ..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: