jump to navigation

Menghadapi Perbedaan Gender di Kantor September 7, 2009

Posted by forjulian in artikel dunia kerja, Karyawan, kerja tim, Lingkungan Kerja, Prestasi Kerja, tips dan trik kerja, tips kerja.
Tags: , , , , , , , , ,
trackback

Meski emansipasi wanita sudah berdengung sejak era Kartini, sampai saat ini masih ada saja perbedaan gender atau diskriminasi antara pria dan wanita dalam dunia kerja. Konon, wanita sekalipun mumpuni tetap sulit untuk mendapatkan promosi jabatan, terlebih sampai menempati posisi puncak. Sejumlah kelemahan wanita seperti lebih sensitif, kurang agresif, lebih emosionil, kurang pede, dan kurang berani mengambil resiko di tuding sebagai penyebab mentoknya karir wanita.

Tetapi pada beberapa kasus, ada juga wanita yang karirnya mandeg sementara dia merasa sudah memenuhi syarat untuk menempati posisi yang diinginkan. Seandainya pun bisa maju, tetapi tidak secepat pria. Nah bagi anda para wanita apakah anda merasa karir anda lambat hanya karena perbedaan gender? Jika ya, coba ikuti tips berikut ini:

– Coba deskripsikan semua masalah anda di kantor sesuai proporsi yang sebenarnya. Kemudian evaluasi kembali apakah memang anda telah bekerja maksimal? Dan apakah hasil yang anda peroleh tidak sesuai dengan usaha anda? Apakah anda sudah layak mendapatkan promosi dan penghargaan lebih dari yang anda dapatkan sekarang?

– Setelah evaluasi tersebut, pikirkan kembali apakah ganjalan karir anda benar-benar berkaitan dengan diskriminasi gender antara laki-laki dan perempuan ataukah karena sebab lain? Jika karena alasan yang pertama coba cari informasi apakah di kantor anda ada rekan wanita anda yang memiliki nasib sama? Untuk mengetahuinya, anda harus memperoleh perbandingan yang jelas antara karir pria dan wanita.

– Catat nama seluruh rekan wanita yang mengalami masalah seperti anda. Catat pula nama karyawan pria yang karirnya lebih cemerlang daripada wanita yang lebih mampu. Jangan lupa, catat pula realitas yang mendukung keyakinan anda tentang diskriminasi tersebut. Misalnya hanya pria yang boleh menangani proyek-proyek besar, sementara banyak wanita yang mampu menanganinya.

– Gali juga informasi dari berbagai sumber tentang masalah diskriminasi dan buat catatannya. Kumpulkan nama sumber yang bisa mendukung keyakinan anda. Kemudian tulislah pernyataan si sumber yang mendukung masalah anda.

– Diskusikan masalah ini dengan rekan wanita yang mengalami nasib serupa. Pikirkan apakah anda ingin mengadukan masalah ini bersama-sama. Jika rekan anda tidak mau mempermasalahkannya, tidak perlu dipaksa, berarti ia cukup puas dengan kondisi yang diperolehnya sekarang.

– Kemudian bicarakan masalah anda dengan atasan, lengkap dengan data-data yang anda peroleh. Mungkin saja atasan anda mau memahami dan bisa memberi solusi. Tapi bila bos tidak mau tau, konsultasikan masalah anda dengan lembaga atau asosiasi yang tepat. Mungkin jika sudah tidak ada jalan keluar lain, anda bisa menyewa pengacara untuk memperkarakan masalah anda. Tunjuklah pengacara yang benar-benar mengerti dan berpengalaman dalam masalah hukum ketenagakerjaan.

Pada intinya, di jaman global saat ini seharusnya memang sudah tidak ada lagi perbedaan pria dan wanita dalam karir. Jika wanita terbukti memiliki sejumlah kemampuan dan keahlian semestinya tidak ada halangan lagi untuk menempati posisi yang lebih layak. Nah jika merasa karir anda terhambat hanya gara-gara anda wanita, jangan diam aja, perjuangkan hak-hak anda. Selamat berjuang…!

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: