jump to navigation

Tingkatkan Kompetensi Dengan Belajar September 7, 2009

Posted by forjulian in artikel dunia kerja, informasi kerja, Karyawan, sukses dikantor, tips dan trik kerja, tips kerja.
Tags: , , , , , , , , , ,
trackback

Tak bisa dipungkiri, hidup di era globalisasi dewasa ini memang semakin berat. Anda dituntut untuk memiliki dan mengatur strategi tersendiri agar bisa bertahan dan terus melangkah. Jika anda pasrah, anda akan semakin jauh tertinggal. Bahkan anda bisa tergilas oleh kemajuan jaman. Untuk itu anda harus terus meningkatkan kompetensi diri.

Kompetensi diri ini memang menyangkut berbagai aspek dan kemampuan, mulai dari keahlian dan ketrampilan tertentu, kemampuan bersosialisasi, dan sebagainya. Tapi pada intinya, untuk meningkatkan kompetensi diri ada satu kunci utama yaitu ‘terus belajar’. Jika anda tidak pernah belajar, sekalipun anda dikenal sebagai orang yang cerdas, kemampuan anda akan mentok dan tidak berkembang sama sekali.

Apalagi jika anda berada pada posisi bos yang memiliki sejumlah anak buah. Jika anda tidak pernah berusaha meningkatkan kompetensi diri dengan belajar, anak buah anda dengan mudah akan melesat dan menyusul anda. Akibatnya, meski anda seorang bos, kemampuan anda berada di bawah kemampuan anak buah. Dan ini mempengaruhi kewibawaan anda loh. So, belajar merupakan kebutuhan yang tidak bisa ditawar-tawar lagi. Belajar merupakan sesuatu yang wajib, kudu, mutlak dan harus!

Tapi jangan berpikir bahwa belajar hanya bisa diperoleh melalui pendidikan formal. Sesungguhnya belajar merupakan sentuhan pribadi yang juga bisa dilakukan secara mandiri dan informal dalam berbagai konteks. Selama ini membaca dikenal sebagai kompetensi pembelajaran informal yang cukup penting. Belakangan ini anda bukan cuma bisa membaca informasi lewat buku-buku dan majalah tetapi anda juga bisa ‘melahap’ ilmu pengetahuan lewat internet.

So, dalam setiap kesempatan bacalah ilmu-ilmu pengetahuan lewat berbagai media. Jangan ketinggalan ikuti informasi yang berkaitan dengan profesi dan tugas anda. Jika anda belum berpikir untuk melanjutkan pendidikan formal, anda bisa mengikuti berbagai seminar, penataran, atau kursus untuk menambah wawasan anda.

Hal yang tak kalah penting, anda juga bisa belajar dari pengalaman kerja yang anda peroleh sehari-hari, istilahnya learning by doing. Berdasarkan pengalaman yang anda peroleh dari pengamatan terhadap berbagai aspek pekerjaan anda, anda bisa memilah dan mengembangkan sisi positifnya menjadi lebih baik.

Namun, agar anda bisa lebih ikhlas dalam belajar, sebelumnya anda harus menyadari segala kekurangan anda. Maka lakukan evaluasi terhadap diri sendiri. Ketahuilah apa saja kekurangan dan kelemahan anda yang mesti diperbaiki. Dengan memahami kekurangan diri, anda akan lebih mudah melakukan pembelajaran diri. Misalnya jika anda kurang menguasai teknologi anda bisa mempelajari teknologi, kalau anda kurang canggih dalam bahasa Inggris anda bisa mempelajarinya, dst.

Jika anda kesulitan mengetahui kekurangan diri, anda bisa menanyakannya kepada orang-orang di sekeliling anda. Nggak perlu gengsi deh. Lagipula jamak kan kalo tiap manusia punya kekurangan di samping kelebihannya? Nah sekarang, buruan deh tingkatkan kompetensi diri dengan belajar..!

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: