jump to navigation

Sampaikan Masalah pada Atasan March 5, 2010

Posted by forjulian in artikel dunia kerja, artikel kerja, artikel pekerjaan, dunia kerja, hubungan dikantor, hubungan kerja, informasi kerja, Karyawan, kerja dikantor, kerja tim, Lingkungan Kerja, masalah dikantor, masalah kantor, Prestasi Kerja, profesi kerjaan, profesional kerja, sukses dikantor, tips dan trik kerja, tips karyawan, tips kerja, tips kerja dikantor, trik dikantor, trik kerja.
Tags: , , , , , , , , , , , , , ,
trackback

Mungkin anda pernah punya masalah seputar pekerjaan yang membuat anda pusing tujuh keliling di kantor. Mau menyelesaikan sendiri anda bingung tapi mau ngomong sama bos juga nggak ‘enak body’. Akibatnya anda semakin bete dengan pekerjaan anda.

Padahal, menurut pakar karir jika anda menghadapi masalah pekerjaan, apalagi yang berat, jangan tunda-tunda untuk menyampaikannya pada bos. Semakin lama anda mengungkapkannya, semakin berat pula masalah anda. Kecuali jika anda yakin dapat menyelesaikannya seorang diri. Dengan menyampaikan pada bos, paling tidak ia bisa segera memikirkan solusi bersama. Sehingga anda akan terhindar dari situasi yang lebih buruk.

Tapi tentu saja anda tidak bisa asal menyampaikannya. Sampaikan masalah tersebut saat bos dalam keadaan rileks. Selain itu sampaikan masalah dengan netral. Jangan dengan ekspresi tegang apalagi stres berat. Jangan menambah-nambahkan masalah dengan keterangan yang berlebihan. Hal ini akan membuat persoalan lebih buruk. Sebelum menyampaikan masalah, persiapkan fakta-fakta yang singkat namun akurat. Kemudian sampaikan masalah tersebut dengan lugas dan asertif.

Saat menyampaikan masalah, sebaiknya anda jangan hanya bertindak sebagai pelapor, tetapi anda harus mencoba menawarkan solusi juga. Walaupun solusi anda tidak dipakai, tapi paling tidak anda sudah mencoba memberikan jalan keluar. Jadi tidak terkesan anda cuma bisa melempar masalah. Tapi ingat loh, di samping menyampikan masalah, ada baiknya anda juga menyampaikan kabar baik. Misalnya tentang target yang telah anda capai.

Nah, anda yang punya masalah di kantor jangan terlalu lama memendam sendiri. Cobalah bertemu atasan dan bicarakan masalah anda..!

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: